Tumanggor, Dwi Tantri Dumaria (2023) Perancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Teknologi Augmented Reality. Skripsi thesis, Prodi Teknik Infomatika.
Text
cover.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
Text
bab I.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text
bab II.pdf - Submitted Version Download (4MB) |
|
Text
bab III.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
Text
bab IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
bab V.pdf - Submitted Version Download (273kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version Download (893kB) |
|
Text
lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kedudukan bahasa Inggris saat ini sebagai salah satu bahasa internasional dunia sehingga bahasa Inggris menjadi bahasa yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari tidak hanya dalam satu bidang saja namun juga dalam bidang lain, baik bidang Pendidikan hingga bidang pekerjaan. Hal ini menjadi latar belakang pentingnya bahasa Inggris dipelajari sejak Pendidikan dasar. Namun bahasa Inggris sering dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit dan membosankan terkhusus untuk anak-anak yang cendrung lebih suka bermain. Pesatnya teknologi yang berkembang saat ini menguasai hampir seluruh aktivitas manusia baik dalam dunia Pendidikan, pekerjaan, hingga hiburan, namun tidak jarang pula ditemukan adanya penyalahgunaan. Dunia pendidikan umunya menggunakan teknologi dalam kegiatannya, namun tidak seluruh kegiatan melibatkan teknologi seperti kegiatan belajar mengajar dalam kelas yang menggunakan metode manual dengan buku cetak sehingga dapat menimbulkan rasa bosan saat belajar. Dengan hal ini muncul sebuah ide atau inovasi baru dalam proses belajar mengajar, peneliti akan merancang sebuah aplikasi belajar bahasa Inggris dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini dengan perangkat android dengan tujuan untuk menciptakan sebuah aplikasi pembelajaran agar pembelajaran bahasa Inggris menjadi lebih menarik dan tidak kaku dengan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle. Augmented Reality merupakan salah satu teknologi yang dapat dimanfaatkan sebagai inovasi baru untuk belajar, dimana teknologi ini dapat menyatukan dunia nyata dengan dunia maya didalamnya. Android merupakan sebuah sistem operasi smartphone yang banyak digunakan saat ini baik anak-anak hingga dewasa sebagai salah satu penunjang aktivitas sehari-hari. Aplikasi ini akan diuji dengan metode blackbox testing, dimana akan dilakukan pengkajian ulang apabila aplikasi belum dapat bekerja sesuai fungsinya. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi pembelajaran bahasa Inggris menggunakan teknologi Augmented Reality yang diharapkan dapat menjadi sebuah inovasi baru dalam proses belajar mengajar agar lebih menarik dan tidak membosankan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Android, Augmented Reality, Bahasa Inggris, Blackbox Testing: Android, Augmented Reality, English, Blackbox Testing |
Subjects: | 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 005.13 Bahasa Pemrograman |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Susila Novmbrita |
Date Deposited: | 29 May 2023 10:24 |
Last Modified: | 29 Jun 2024 04:19 |
URI: | http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/3069 |
Actions (login required)
View Item |