Winsen, Winsen (2023) Implementasi Aplikasi Game Trivia Coding C# dengan Metode GDLC Berbasis Android. Skripsi thesis, Prodi Teknik Informatika.
Text
cover.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
Text
bab I.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text
bab II.pdf - Submitted Version Download (8MB) |
|
Text
bab III.pdf - Submitted Version Download (3MB) |
|
Text
bab IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
bab V.pdf - Submitted Version Download (309kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version Download (832kB) |
|
Text
lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (717kB) | Request a copy |
Abstract
C# dapat digunakan untuk mengembangkan banyak jenis aplikasi termasuk: Aplikasi desktop (untuk Windows, WPF), Aplikasi Web (ASP.Net), Aplikasi Seluler (Xamarin) sehingga terdapat banyak sekali peluang kerja jika belajar C#. Menurut survey oleh di tahun 2023 C# menduduki peringkat ke 4 untuk bahasa pemograman yang paling dicari untuk pekerjaan, bahkan lebih populer dari typescipt, C++, dan php. 34% dari game seluler gratis teratas dibuat menggunakan C#, bersama dengan aplikasi realitas virtual. Tetapi di playstore dan sumber lainnya minim sekali aplikasi dan media pembelajaran C# yang berbahasa indonesia akibatnya pengguna yang tidak berbahasa inggris susah sekali belajar bahasa pemograman ini. Maka untuk itu game ini dikembangkan karena kurangnya media pembelajaran C# berbasis game dan bahasa Indonesia. Tujuan pengembangan game ini adalah untuk menambah media pembelajaran coding C# berbasis bahasa Indonesia dan meningkatkan keterampilan pengguna dalam coding C#. Perancangan game ini menggunakan metode GDLC yang memiliki tujuh tahapan yaitu Initiation, Team Building, Pre Production, Main Production, Alpha Version, Beta Version dan Release Version. Penelitian ini juga menggunakan UML untuk menggambarkan cara kerja game ini yaitu Use Case Diagram, Activity Diagram, Sequence Diagram dan Class Diagram. Peneliti menggunakan Unity dan Visual Studio Code untuk mendesain game ini. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah game trivia coding C# berbasis Android yang berbahasa indonesia dan mampu membantu kalangan pengguna yang tidak berbahas inggris dalam pembelajaran coding C#. Hasil pengujian game ini berfungsi sesuai dengan yang diinginkan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | GDLC, Game Edukasi, UML, Unity, Visual Studio Code: Education Game, GDLC, UML, Unity, Visual Studio Code |
Subjects: | 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 005.5 Program Aplikasi dengan Kegunaan Khusus |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Melsa Yulia Putri |
Date Deposited: | 27 May 2023 03:36 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 08:19 |
URI: | http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/2994 |
Actions (login required)
View Item |