Limbong, Ayu Rotua (2023) Pengaruh Social Media Marketing, Citra Destinasi dan Daya Tarik terhadap Minat Berkunjung Wisata Lembah Pelangi Batam. Skripsi thesis, Prodi Manajemen.
Text
cover.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
Text
bab I.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
Text
bab II.pdf - Submitted Version Download (7MB) |
|
Text
bab III.pdf - Submitted Version Download (3MB) |
|
Text
bab IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
bab V.pdf - Submitted Version Download (307kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version Download (910kB) |
|
Text
lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (14MB) | Request a copy |
Abstract
Industri pariwisata di Indonesia merupakan salah satu sektor yang penting dalam hal pembangunan negara. Industri ini tumbuh dan berkembang begitu cepat dan dinamis. Selain itu, di era yang serba digital, penggunaan social media menjadi hal yang harus dipertimbangkan dalam memperkenalkan maupun mengembangkan destinasi pariwisata. Selain dimanfaatkannya sarana sosial media sebagai bentuk marketing, gambaran kesan menyeluruh yang dibuat dalam pikiran wisatawan atau yang sering disebut citra destinasi ini juga menjadi hal yang sangat penting. Adapun faktor yang sangat penting lainnya dalam dunia pariwisata adalah nilai-nilai seperti keunikan, keindahan, keanekaragaman kekayaan alam dan budaya dan hasil buatan manusia yang menjadi motivasi bagi wisatawan dan menarik wisatawan untuk melakukan perjalanan wisata. Adapun tujuan yang ingin diperoleh dalam riset ini teruntuk memahami seberapa besar pengaruh social media marketing, citra destinasi, dan daya tarik secara bersama sama terhadap minat berkunjung wisata Lembah Pelangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan atau metodologi kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung yang datang ke taman wisata Lembah Pelangi pada periode Bulan November hingga Bulan Desember 2022. Tehnik penarikan sample studi ini menggunakan tehnik accidental sampling, dengan menggunakan rumus slovin, maka jumlah responden diambil dari pengunjung yang telah datang berkunjung ke taman wisata Lembah Pelangi pada periode November hingga Desember 2022 yang berjumlah 350 responden. Penggunaan metode analisa datanya dengan melaksanakan pengujian instrumen penelitian, analisa deskriftif dan kajian data, yang terdiri dari: uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas, analisis deskriptif, analisa regresi linear berganda, koefisien determinasi (r2 ), uji t (secara sendiri-sendiri), uji f (secara bersama-sama). Hasil menunjukan adanya pengaruh social media marketing, citra destinasi dan daya tarik pada minat berkunjung wisatwan. Kesimpulan bahwa social media marketing dengan minat berkunjung, yang diperoleh yaitu t hitung > t tabel, sehinga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung wisata Lembah Pelangi. Citra destinasi dan daya tarik juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung wisata Lembah Pelangi. Secara simultan social media marketing, citra destinasi dan daya tarik telah memiliki pengaruh pada minat berkunjung wisata Lembah Pelangi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Social Media Marketing, Citra Destinasi, Daya Tarik, Minat Berkunjung: Social Media Marketing, Destination Image, Attractiveness, Interest in Visiting |
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.81 Manajemen Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Manajemen |
Depositing User: | Susila Novmbrita |
Date Deposited: | 24 May 2023 05:41 |
Last Modified: | 07 Jun 2024 12:47 |
URI: | http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/2781 |
Actions (login required)
View Item |