Wardaniah, Rani (2023) Aktualisasi Pelayanan Publik dalam Mewujudkan Pelayanan Prima di Dinas Pendidikan Kota Batam. Skripsi thesis, Prodi Administrasi Negara.
Text
cover.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text
bab I.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text
bab II.pdf - Submitted Version Download (6MB) |
|
Text
bab III.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text
bab IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (13MB) | Request a copy |
|
Text
bab V.pdf - Submitted Version Download (826kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version Download (810kB) |
|
Text
lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Sesuai dengan dinamika masyarakat dan tuntutan yang dihadapi pemerintah, peran pemerintah telah mengalami banyak perubahan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis aktualisasi pelayanan publik dalam mewujudkan pelayanan prima di Dinas Pendidikan Kota Batam. Jenis penelitian ini menggunakan teknik deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dan pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan kajian literatur dan dokumentasi. Penelitian ini mengkaji empat konsep A4 pelayanan prima, yaitu Attitude (Sikap), Attentention (Perhatian), Action (Tindakan), dan Anticipation (Antisipasi) (Daryanto dan Setyobudi, 2014:117) serta faktor-faktor yang mempengaruhi Dinas Pendidikan Kota Batam. Dari segi indikator Attitude (Sikap), Attentention (Perhatian), dan Anticipation (Antisipasi) pada Disdik Kota Batam sudah memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, namun di dalam indikator Action (Tindakan), masih ditemukan beberapa kekurangan di antaranya, yaitu: pegawai bidang pelayanan, tempat parkir yang kurang, dan tidak ada fasilitas toilet khusus disabilitas. Di antara rekomendasi yang ditawarkan penulis yaitu perlunya penambahan pegawai pelayanan, perluasan tempat parkir khususnya tempat parkir sepeda motor, dan penyesuaian tempat parkir antara mobil dan sepeda motor di halaman kantor agar pengunjung merasa nyaman dan tidak ragu untuk memarkir sepeda motor mereka, dan perlu adanya toilet khusus disabilitas, supaya masyarakat yang memiliki keterbatasan juga dapat menggunakan toilet sewaktu-waktu.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan publik, pelayanan prima, disdik: Public service, excellent service, disdik. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 350-359 Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran > 353.8 Departemen Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Administrasi Negara |
Depositing User: | Melsa Yulia Putri |
Date Deposited: | 06 May 2023 10:55 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 12:09 |
URI: | http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/2622 |
Actions (login required)
View Item |