Heksiana, Septi (2020) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan Apotek Cahaya Garden di Batam. Skripsi thesis, Prodi Manajemen.
Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version Download (456kB) |
|
Text
bab IV s.d V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (307kB) | Request a copy |
Abstract
Dalam dunia bisnis saat ini khususnya bisnis dalam bidang farmasi seperti halnya apotik, loyalitas pelanggan itu sangat dibutuhkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas pelanggan di Apotek Cahaya Garden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian adalah metode analisis berganda. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey yang pengumpulan datanya menggunakan kuesioner yang disebarkan ke reponden. Populasi pada penelitian ini adalah pelanggan yang datang lebih dari dua kali. Teknik pengambilan sampel yang dengan menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 162 responden. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah teknik analisis regresi berganda. Penelitian ini menggunakan tiga variable yaitu kualitas pelayanan dan harga sebagai variable independen, sedangkan loyalitas pelanggan sebagai variable dependem. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, hal ini dibuktikan dengan nilai dari t-hitung lebih besar dari t-tabel. Variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, hal ini dibuktikan denga nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel. Berdasarkan hasil dari penelitian ini maka sebaiknya Apotek Cahaya Garden perlu meningkatkan kualitas pelayanannya dan memantau harga di tempatnya supaya tetap stabil serta bisa bersaing dengan para pesaingnya, dan juga supaya dapat terus meningkatkan loyalitas pelanggan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kualitas pelayanan; harga; loyalitas pelanggan:service quality; price; customer loyalty |
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.81 Manajemen Pemasaran 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.8342 Perilaku Konsumen |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Manajemen |
Depositing User: | Lia Priscilla |
Date Deposited: | 19 Nov 2022 09:42 |
Last Modified: | 19 Nov 2022 09:42 |
URI: | http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/2204 |
Actions (login required)
View Item |