Pengaruh Pelayanan dan Lingkungan Kerja terhadap Kepuasan Masyarakat pada Kantor Kecamatan Lubuk Baja Kota Batam

Juwita, Rannika (2020) Pengaruh Pelayanan dan Lingkungan Kerja terhadap Kepuasan Masyarakat pada Kantor Kecamatan Lubuk Baja Kota Batam. Skripsi thesis, Prodi Manajemen.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
bab IV s.d V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (658kB) | Request a copy

Abstract

Seiring dengan adanya pelaksanaan penerapan daerah pada kabupaten/kota di wilayah Republik Indonesia, maka hal itu memberikan kesempatan dan peluang begitu besar bagi masing-masing daerah di Indonesia untuk dapat mengembangkan dan mengatur daerah masing-masing menuju kearah kemajuan. Pemberian otonomi yang dilakukan melalui peningkatan pelayanan, pemberdayaan dan peran serta masyarakat dimaksudkan untuk dapat mempercepat proses terwujudnya kesejahteraan pada masyarakat. Kepuasan konsumen atau masyarakat menjadi patokan utama pelayanan publik, kualitas pelayanan baik itu di bidang bisnis, manajemen ataupun birokrasi. Kepuasan konsumen telah menjadi titik dari pusat perhatian dalam bisnis dan manajemen sehingga baik itu literatur bisnis dan manajemen organisasi yang bersifat mencari laba maupun nirlaba menempatkan kepuasan konsumen sebagai fokus utama. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pelayanan dan lingkungan kerja terhadap kepuasan masyarakat pada Kantor Kecamatan Lubuk Baja Kota Batam. Sampel dalam penelitian ini adalah salah satu Kelurahan yang berada dalam wilayah Kecamatan Lubuk Baja yaitu Kelurahan Baloi Indah sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan metode survei melalui kuesioner. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan dan lingkungan kerja berpengaruh signifikan dan positif baik secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan masyarakat. Dapat diketahui hasil uji determinasi (R2 ) dalam penelitian ini bahwa 80,1% dari variasi kepuasan masyarakat dapat dijelaskan oleh variabel pelayanan dan lingkungan kerja. Sedangkan sisanya sebesar 19,9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kepuasan masyarakat; lingkungan kerja; pelayanan:community satisfaction; service; work environment
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.3 Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Manajemen
Depositing User: Lia Priscilla
Date Deposited: 19 Nov 2022 07:53
Last Modified: 19 Nov 2022 07:53
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/2168

Actions (login required)

View Item View Item