Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada OS Hotel Batam

Hermayani, Dea (2021) Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada OS Hotel Batam. Skripsi thesis, Prodi Manajemen.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
bab IV & V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (661kB) | Request a copy

Abstract

Saat ini perkembangan bisnis telah diwarnai dengan berbagai macam persaingan di segala bidang. Kondisi tersebut menyebabkan pebisnis semakin dituntut untuk mempunyai strategi yang tepat dalam memenuhi target volume penjualan. Salah satu perkembangan yang semakin ketat adalah perkembangan bisnis di bidang perhotelan. Persaingan hotel di Indonesia saat ini sangat ketat, khususnya di Kota Batam sebagai daerah industri dan perdagangan, Kota Batam juga di kembangkan sebagai daerah wisata. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen OS Hotel di Kota Batam baik secara parsial maupun simultan. Di mana variabel independen yaitu kualitas pelayanan dan fasilitas, mempengaruhi kepuasan konsumen sebagai variabel dependen nya. Sampel para tamu yang menginp di OS Hotel di Kota Batam sebanyak 212 responden. Metode pengumpulan pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket). Jenis penelitian kuantitatif. kuantitatif meliputi uji validitas, reliabelitas, asumsi klasik, analisis linier berganda koefisien determinasi (R2 ), uji t dan uji f. Data penelitian ini diolah dengan menggunakan perangkat lunak SPSS versi 22. Hasil penelitian ini diketahui uji t dimana hasil uji thitung untuk kualitas pelayanan 3,3882 > ttabel 1,652 nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan untuk fasilitas 8,466 > 1,652, nilai signifikan 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (H1 diterima) dan fasilitas secara parsial juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepusan konsumen (H2 diterima). Hasil uji f dimana fhitung 118,966 > ftabel 3,03 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05 hasil tersebut dapat disimpulkan kualitas pelayanan dan fasilitas secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (H3 diterima).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Kepuasan Konsumen, Customer Satisfaction, Facilities, Quality Service
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.81 Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Manajemen
Depositing User: Chrisna Sumbayak
Date Deposited: 28 May 2021 06:02
Last Modified: 28 May 2021 06:02
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/778

Actions (login required)

View Item View Item