Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pengguna Aplikasi Gojek Di Kota Batam

Widyasari, Helen (2021) Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pengguna Aplikasi Gojek Di Kota Batam. Skripsi thesis, Prodi Manajemen.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (893kB)
[img] Text
bab IV & V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (815kB) | Request a copy

Abstract

Persaingan bisnis yang dihadapi perusahaan-perusahaan saat ini semakin ketat, sehingga menuntut para manajemen perusahaan untuk lebih cermat dalam menentukan strategi bersaing dengan perusahaan lainnya agar dapat menang dalam persaingan yang dihadapi. Bidang teknologi saat ini turut berperan penting dalam perkembangan transportasi yang ada di zaman ini. Perusahaan yang bergerak dibidang jasa transportasi khususnya transportasi online dalam mempertahankan kelangsungan bisnisnya, perusahaan dapat menjaga kepuasan pelanggan dengan mencoba berbagai cara. Tingkat kepuasan pelanggan dilihat dari berbagai faktor seperti kualitas produk dan kualitas pelayanan. Arah penelitian ini adalah untuk memastikan hasil kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 100 responden. Metode pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner. Pengujian kualitas data dalam penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji pengaruh suatu penelitian menggunakan analisis regresi linier berganda dan analisis koefisien determinasi, untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan uji t dan uji F, pengujiannya menggunakan versi software SPSS 25. Koefisien determinasi (R2) yang diperoleh dari variabel kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan sebesar 78,2%. Hasil uji regresi linier berganda menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh sebesar 74.3% terhadap kepuasan konsumen dan kualitas pelayanan berpengaruh sebesar 31.1% terhadap kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil uji t dan uji F dapat disimpulkan bahwa kualitas produk dan kualitas layanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan kualitas produk dan kualitas layanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pengguna aplikasi Gojek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Product Quality, Service Quality, Customer Satisfaction
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.4013 Manajemen Kontrol dan Kualitas
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Manajemen
Depositing User: Chrisna Sumbayak
Date Deposited: 27 May 2021 07:50
Last Modified: 27 May 2021 07:50
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/747

Actions (login required)

View Item View Item