Pengaruh Penggunaan Model Gallery Walk sebagai Media Komunikasi Pembelajaran terhadap Minat Belajar Siswa MAN Batam

Adealila, Nurul Asti (2020) Pengaruh Penggunaan Model Gallery Walk sebagai Media Komunikasi Pembelajaran terhadap Minat Belajar Siswa MAN Batam. Skripsi thesis, Prodi Ilmu Komunikasi.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Published Version

Download (904kB)
[img] Text
bab IV & V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak dari penggunaan model gallery walk sebagai media komunikasi pembelajaran terhadap minat belajar siswa . Mengenai latar belakang penelitian ini, karena sistem pengajaran Indonesia menggunakan metode yang berbeda dalam proses pembelajaran. Begitu juga model pembelajaran kooperatif. Model ini adalah model yang berupaya berorientasi pada tujuan setiap siswa berkontribusi pada pencapaian tujuan siswa lain untuk mencapai tujuan bersama. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian deskriptif bertujuan untuk mengingat kembali fakta, keadaan, variabel dan fenomena yang terjadi pada waktu itu dan menyajikan data sebagaimana adanya. Atas dasar hasil pengujian yang dilakukan oleh peneliti, ternyata hipotesis yang diajukan dapat diterima. Hasil hipotesis akan dijelaskan sebagai berikut: Pengujian hipotesis dapat menunjukkan efek positif yang signifikan antara media gallery walk (X) terhadap minat belajar siswa (Y). Mereka menunjukkan hasil untuk t hitung 11,985. Nilai ini jauh lebih besar dari nilai t tabel pada tingkat signifikansi alpha 0,05 = 0,155. T hitung > T tabel atau 11.985 > 0,155. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dari tes di atas, R square adalah 0,475. Nilai 0,475 adalah kuadrat dari koefisien korelasi3, yaitu 0,689 X 0,689 = 0,475. R square juga disebut koefisien determinasi atau identifikasi tekad. Ukuran pengaruh model perkerasan sebagai ukuran pendidikan (X) terhadap minat belajar (Y) dapat dilihat dari koefisien determinasi 0,475. Analisis menemukan bahwa 47,5% dari penggunaan media pembelajaran Gallery Walk berpengaruh terhadap minat belajar siswa Man Batam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Komunikasi, Media Pembelajaran, Minat Belajar, Gallery Walk
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 300 - 309 Sosiologi dan Antropologi
300 Ilmu Sosial > 370-379 Pendidikan
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620-629 Ilmu Teknik dan yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Chrisna Sumbayak
Date Deposited: 18 Jan 2021 02:55
Last Modified: 01 Apr 2021 09:06
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/71

Actions (login required)

View Item View Item