Analisis Pola Pembelian Konsumen Menggunakan Algoritma Apriori Pada Toko Berkah Mart

Nada, Bella Kojaya (2021) Analisis Pola Pembelian Konsumen Menggunakan Algoritma Apriori Pada Toko Berkah Mart. Skripsi thesis, Prodi Sistem Informasi.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (603kB)
[img] Text
bab IV & V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Toko Berkah Mart merupakan perusahaan yang bergerak dibidang penjualan bahan pokok, yang ada di kota batam. Toko Berkah Mart menjual berbagai jenis produk sehingga setiap hari Toko Berkah Mart melakukan banyak transaksi, data transaksi yang terjadi tidak dikelola dengan baik sehingga terjadi penumpukan data pada database. Masalah yang sering dihadapi adalah ketersediaan barang sering tidak memenuhi keingingan konsumen sehingga konsumen beralih ke toko lain dan memberikan dampak kerugian bagi toko saat menyetok barang yang kurang diminati konsumen. Salah satu cara yang dilakukan yaitu memanfaatkan data yang menumpuk dengan mengolah data menggunakan Teknik perhitungan algoritma apriori dimana merupakan bagian dari teknik data mining. Algoritma apriori dapat digunakan untuk mengetahui frekuensi penjualan yang sering dibeli secara bersamaan uoleh konsumen sehingga dapat dijadikan sebagai informasi yang penting dan berguna untuk membantu pihak Toko Berkah Mart untuk menentukan pengadaan stok barang berdasarkan data transaksi konsumen. Hasil perhitungan algoritma apriori didukung dengan adanya aplikasi Tanagra. Teknik algoritma yang digunakan adalah analisis pola frekuensi tinggi dimana penelitian ini terdapat rules memiliki nilai support sebesar 10% dan confidence 100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penjualan, Data Mining, Algoritma Apriori, Association Rule, Sales, Apriori Algoritms
Subjects: 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 005.74 Data File-file dan Database, Pangkalan Data, Pusat Data
500 Ilmu Alam dan Matematika > 510-519 Matematika > 518.1 Algoritma
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.8342 Perilaku Konsumen
Divisions: Fakultas Teknik dan Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Melsa Melsa
Date Deposited: 20 May 2021 09:07
Last Modified: 20 May 2021 09:07
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/684

Actions (login required)

View Item View Item