Perancangan Aplikasi E-Foodcourt dengan Teknologi Augmented Reality Berbasis Web

Nurlaila, Nurlaila (2024) Perancangan Aplikasi E-Foodcourt dengan Teknologi Augmented Reality Berbasis Web. Skripsi thesis, Prodi Teknik Informatika.

[img] Text
cover.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
bab I.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
bab II.pdf - Submitted Version

Download (4MB)
[img] Text
bab III.pdf - Submitted Version

Download (8MB)
[img] Text
bab IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
bab V.pdf - Submitted Version

Download (365kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version

Download (890kB)
[img] Text
lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy

Abstract

Bidang kuliner adalah salah satu bidang yang mendapat pengaruh dari perkembangan teknologi saat ini. Berdasarkan teknologi augmented reality dapat dirancang aplikasi yang menampilkan bentuk tiga dimensi dari makanan ataupun minuman. Pada foodcourt umumnya menggunakan buku menu sebagai media untuk menampilkan gambar dua dimensi dari produk yang tersedia. Sehingga dapat dimanfaatkan teknologi augmented reality sebagai alat bantu untuk menampilkan produk yang ada dalam bentuk 3D. Dengan menambahkan augmented reality pada produk dapat membantu pelanggan mengetahui tentang produk dan dapat dimanfaatkan juga sebagai media promosi untuk meningkatkan penjualan pada foodcourt. Aplikasi yang dirancang dapat membantu pemilik stan untuk tidak menjelaskan kepada pelanggan mengenai produk yang ditawarkan karena informasi tersebut sudah tersedia di aplikasi. Dengan memanfaatkan metode markerless, aplikasi dapat menampilkan objek 3D tanpa memerlukan marker yang unik. Pada objek 3D juga dapat di tambahkan detail dari masing-masing produk yang tersedia. Aplikasi Blender akan digunakan sebagai perangkat lunak dalam pemodelan 3D dari produk foodcourt. Selama tahap pengembangan aplikasi akan dimanfaatkan metode prototype. Aplikasi yang dihasilkan berupa aplikasi e-foodcourt yang berbasis web dengan memanfaatkan salah satu teknik dari teknologi augmented reality yaitu markerless based tracking.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Blender, e-foodcourt, Markerless, Website :Augmented Reality, Blender, e-foodcourt, Markerless, Website
Subjects: 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik dan Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Susila Novmbrita
Date Deposited: 02 Nov 2024 03:15
Last Modified: 02 Nov 2024 03:15
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/6475

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year