Analisiis Pola Pembelian Produk pada Al Barokah Mart Menggunakan Algoritma Apriori

Sigalingging, Iska Heriyati Br (2020) Analisiis Pola Pembelian Produk pada Al Barokah Mart Menggunakan Algoritma Apriori. Skripsi thesis, Prodi Sistem Informasi.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Published Version

Download (447kB)
[img] Text
bab IV & V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi di Indonesia berkembang begitu pesat. Perkembangan ini dapat dilihat dari berbagai macam retail yang sudah menggunakan sistem komputerisasi dalam menjalankan proses jual beli. Salah satu minimarket yang sudah menggunakan system komputerisasi dalam melakukan proses jual beli adalah Toko Al Barokah Mart. Data mining digunakan untuk ekstrasi informasi penting yang tersembunyi dari dataset yang besar. Dalam pengambilan data dilakukan dengan wawancara dan observasi, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pola penyusunan barang pada minimarket serta menganalisa bagaimana pola pembelian dari konsumen. Dalam mengelola data yang didapatkan digunakan metode association rules untuk mencari pola keterkaitan antar item yang sering muncul di banyak transaksi. Dalam penelitian ini menentukan Support (20%) dan Confidence (80%). Proses penentuan pola pembelian produk dilakukan dengan menerapkan data mining dengan metode algoritma apriori. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan excel dan software Tanagra. Hasil yang didapatkan pada kasus Toko Al Barokah Mart tertinggi yang muncul pada item Fortune dan Beras dengan nilai support 42,2% dan nilai confidence 80%, Fortune,Telur dan Beras dengan nilai support 25,6% dan nilai confidence 80%, dan Gula,Indomie dan Golda dengan nilai support 20% dan nilai confidence 81%. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh, maka dapat disimpulkan Penerapan data mining dengan metode algoritma apriori dapat dilakukan pada kegiatan penentuan pola pembelian konsumen, Penerapan algoritma apriori juga dapat mempercepat proses pembentukan kecenderungan pola kombinasi itemset hasil penjualan produk dan data transaksi yang sudah di kelola dapat diperoleh kecenderungan pola gabungan itemset, sehingga dapat dijadikan pedoman pada pengambilan keputusan dalam mengontrol persediaan barang dan peletakan barang sesuai pola pembelian konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Data Mining, Algoritma Apriori, Pola Pembelian, Keranjang Pasar
Subjects: 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer
Divisions: Fakultas Teknik dan Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Chrisna Sumbayak
Date Deposited: 16 Jan 2021 07:57
Last Modified: 03 Apr 2021 01:51
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/63

Actions (login required)

View Item View Item