Sibarani, Yeremia Abednego (2024) Pengembangan Permainan Role Playing Game Edukatif Sebagai Alat Pembelajaran Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris. Skripsi thesis, Prodi Teknik Informatika.
Text
Cover.pdf - Submitted Version Download (692kB) |
|
Text
Bab I.pdf - Submitted Version Download (35kB) |
|
Text
Bab II.pdf - Submitted Version Download (565kB) |
|
Text
Bab III.pdf - Submitted Version Download (763kB) |
|
Text
Bab IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
Bab V.pdf - Submitted Version Download (78kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (141kB) |
|
Text
Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pada saat proses pembelajaran ditemukan permasalahan yaitu siswa kesulitan menghafal kosa kata, terutama kata benda, kata kerja, dan kata sifat. Hal ini sebagian disebabkan oleh kurangnya latihan siswa. Berdasarkan permsalahan yang peneliti temukan maka dirancang sebuah game edukasi untuk membantu siswa dalam mengahafal kosa kata bahasa Inggris dengan menggunakan role playing game atau RPG, yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan motivasi dalam pembelajaran bahasa Inggris.Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode kualitatif, Metode penelitian yang baik adalah penelitian yang menggambarkan sifat-sifat yang diinginkan untuk diteliti. dalam pengembangannya, Metode yang digunakan adalah Game Development Life Cycle (GDLC), yang terdiri dari beberapa tahap, yaitu: Initiation, Pre-Production, Production, Testing, Beta, dan Release. Pengujian yang dilakukan menggunakan metode black box testing, dimana pengujian dilakukan tanpa melibatkan para ahli dan dari uji yang telah dilakukan dapat diberikan kesimpulan bahwa pengujian yang dilakukan game dapat berjalan dengan baik tanpa kendala, selanjutnya uji dilakukan dengan wawancara dan formulir yang diisi oleh 5 siswa juga 1 guru bahasa Inggris, dan ada beberapa pertanyaan yang wajib dijawab oleh guru juga siswa, pengujian ini dikerjakan setelah permainan selesai dimainkan oleh siswa dan guru yang terkait, hasil yang didapatkan tentunya game dapat meningkatkan rasa motivasi siswa dalam pembelajaran bahasa inggris.Dari penelitian dan pengujian yang dilakukan, permainan yang telah dirancang tentunya diharapkan dibagian grafis dapat ditingkatkan atau pada bagian alurcerita dibuat lebih menarik lagi tentunya ditambahkan seperti plot twist atau semacamnya
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | RPG, Game, Bahasa Inggris, GDLC, RPG Maker MV: RPG, Game, English, GDLC, RPG Maker MV |
Subjects: | 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 005.12 Sistem Analisa dan Desain Perangkat Lunak |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Lia Priscilla |
Date Deposited: | 31 May 2024 06:55 |
Last Modified: | 31 May 2024 06:55 |
URI: | http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/6253 |
Actions (login required)
View Item |