Penerapan Data Mining untuk Memprediksi Prestasi Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Algoritma C4.5

Telutci, Telutci (2024) Penerapan Data Mining untuk Memprediksi Prestasi Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Algoritma C4.5. Skripsi thesis, Prodi Sistem Informasi.

[img] Text
cover.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
bab I.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
bab II.pdf - Submitted Version

Download (5MB)
[img] Text
bab III.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
bab IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
bab V.pdf - Submitted Version

Download (545kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Secara umum pendidikan di Indonesia merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam pembangunan masyarakat dan negara. Selaku tenaga pendidik pada sekolah dasar akan menjalankan tugasnya dengan baik bila mempunyai memahami tentang konsep pendidikan pada sekolah dasar, Dengan memahami faktor-faktor yang memengaruhi prestasi siswa, dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang faktor-faktor yang memengaruhi prestasi siswa. Faktor tersebut diantaranya nilai rapor, kehadiran, dukungan keluarga, minat belajar, motivasi belajar. Faktor-faktor ini memastikan bahwa siswa mencapai tujuan mereka dan memberikan kesempatan yang lebih baik untuk meningkatkan prestasi akademik mereka di sekolah dasar. Bagi Sekolah Dasar Dhamma Sasana. Dalam memprediksi prestasi belajar siswa, banyak kendala atau permasalahan yang harus dihadapi sekolah dalam memprediksi prestasi belajar siswa, banyak perbandingan variabel dan faktor yang akan diuji dan pengambilan keputusan terhadap prestasi siswa sekolah dasar. Penelitian ini menerapkan algoritma C4.5 digunakan untuk memprediksi prestasi siswa pada Sekolah Dasar Dhamma Sasana. Algoritma C4.5 adalah salah satu alat analisis data yang mampu mengidentifikasi variabel-variabel yang paling berpengaruh terhadap prestasi siswa. Kesimpulan meliputi perhitungan manual dan ditemukan pohon keputusan dan pengujian yang dilakukan dengan teknik data mining dengan metode klasifikasi algoritma C4.5 dengan hasil nilai gain yang tertinggi 0,4628, termasuk algoritma c4.5 dan pengujian yang dilakukan dengan aplikasi software weka versi 3.9.6.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Memprediksi, Data mining, Algoritma C45.: Education, Predicting, Data mining, C45 algorithm.
Subjects: 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 006.3 Kecerdasan Buatan
500 Ilmu Alam dan Matematika > 510-519 Matematika > 518.1 Algoritma
Divisions: Fakultas Teknik dan Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Lia Priscilla
Date Deposited: 22 May 2024 04:09
Last Modified: 22 May 2024 04:09
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/6177

Actions (login required)

View Item View Item