Angeli, Alvin (2024) Rancang Bangun Game Sudoku Android Berbasis Flutter. Skripsi thesis, Prodi Sistem Informasi.
Text
cover.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
Text
bab I.pdf - Submitted Version Download (3MB) |
|
Text
bab II.pdf - Submitted Version Download (14MB) |
|
Text
bab III.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
Text
bab IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
bab V.pdf - Submitted Version Download (590kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text
lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (542kB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi, khususnya dalam penggunaan gadget, telah menjadi bagian integral dalam kehidupan sehari-hari, terutama di tengah era pandemi Covid 19. Penggunaan gadget di Indonesia telah meningkat pesat, tercapai 50,92% pada tahun 2018. Namun, kecanduan game online, yang berdampak negatif pada perkembangan anak-anak dan orang dewasa, menjadi salah satu dampak negatif dari penggunaan gadget yang berlebihan. Oleh karena itu, perlu adanya alternatif hiburan yang juga memiliki nilai edukatif, seperti permainan puzzle Sudoku. Sudoku adalah permainan puzzle logika yang memiliki tujuan untuk mengisi angka 1 hingga 9 ke dalam jaring-jaring 9x9 tanpa ada angka yang berulang dalam satu baris, kolom, atau kotak. Permainan ini memacu logika dan ketelitian, dan dapat dimainkan oleh berbagai usia. Namun, belum banyak aplikasi game edukasi, terutama Sudoku, yang dikembangkan dengan menggunakan teknologi Flutter. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan aplikasi game Sudoku berbasis Flutter yang memiliki antarmuka pengguna intuitif, kustomisasi permainan yang bervariasi, dan fitur edukatif. Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah model Waterfall, dengan tahapan meliputi perencanaan, analisis, perancangan, implementasi, pengujian, dan evaluasi. Aplikasi Sudoku ini diharapkan dapat memberikan hiburan, meningkatkan kemampuan logika dan konsentrasi, serta menjadi referensi bagi pengembang aplikasi lain yang ingin mengintegrasikan Flutter dalam pengembangan game. Dengan menggunakan Flutter, pengembang dapat memanfaatkan kelebihan seperti cross-platform, fast development (hot reload), dan beautiful UI dalam pembuatan aplikasi. Melalui tahapan perancangan tampilan antarmuka, logika permainan, implementasi, pengujian, dan evaluasi, diharapkan aplikasi game Sudoku berbasis Flutter ini dapat menjadi alternatif hiburan yang bermanfaat dan mendukung perkembangan kognitif pemain.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sudoku, Flutter, Puzzle, Game :Sudoku, Flutter, Puzzle, Game |
Subjects: | 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 004.21 Sistem Analis dan Desain Komputer |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Lia Priscilla |
Date Deposited: | 21 May 2024 01:54 |
Last Modified: | 21 May 2024 01:54 |
URI: | http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/6158 |
Actions (login required)
View Item |