Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pasien Erha Clinic Batam dengan Kepuasan Pasien Sebagai Variabel Intervening

Ansori, Ansori (2024) Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pasien Erha Clinic Batam dengan Kepuasan Pasien Sebagai Variabel Intervening. Tesis thesis, Prodi Magister Manajemen.

[img] Text
cover.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
bab I.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
bab II.pdf - Submitted Version

Download (5MB)
[img] Text
bab III.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
bab IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version

Download (986kB)
[img] Text
lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien Erha Clinic Batam dengan kepuasan pasien sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien Erha Clinic Batam yang melakukan pembelian produk dan tindakan dalam rentang waktu penelitian. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan metode purposive sampling dengan nilai sampel sebanyak 100 orang pasien Erha Clinic Batam. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dengan skala likert. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah SmartPLS versi 4.0.9.8. Hasil pengujian secara langsung menemukan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien sebesar 0,237 dengan nilai p-value sebesar 0,016 < 0,05, kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien sebesar 0,175 dengan nilai p-value 0,074 > 0,5, kualitas produk berpengaruh positif dan signfikan terhadap kepuasan pasien sebesar 0,482 dengan nilai p-value sebesar 0,006 < 0,05, kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signfikan terhadap kepuasan pasien sebesar 0,368, dengan nilai p-value 0,033 < 0,05, kepuasan pasien berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien sebesar 0,523, dengan nilai p-value 0,000 < 0,05. Hasil pengujian secara tidak langsung melalui variabel intervening menemukan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien melalui kepuasan pasien sebesar 0,252, nilai p-value sebesar 0,015 < 0,05, kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien melalui kepuasan pasien sebesar 0,193 dengan nilai P-value sebesar 0,041 < 0,05. Kepuasan pasien mampu menjadi variabel mediasi yang baik dalam menghubungkan kualitas produk, kualitas pelayanan, dan loyalitas pasien Erha Clinic Batam.

Item Type: Thesis (Tesis)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, Loyalitas Pasien: Product Quality, Service Quality, Customer Satisfaction, Patient Loyalty.
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.56 Manajemen Analisa Produk
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.8342 Perilaku Konsumen
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Manajemen
Depositing User: Lia Priscilla
Date Deposited: 18 May 2024 06:00
Last Modified: 18 May 2024 06:00
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/6143

Actions (login required)

View Item View Item