Penerapan Data Mining pada Transaksi Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori di Alfamart Centre Park

Zega, Martinus (2023) Penerapan Data Mining pada Transaksi Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori di Alfamart Centre Park. Skripsi thesis, Prodi Teknik Informatika.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (907kB)
[img] Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (653kB) | Request a copy

Abstract

Seiring dengan perkembangan perekonomian dari tahun ke tahun, industri ritel merupakan salah satu dari beberapa industri yang mengalami perkembangan yang cukup baik, salah satunya yaitu PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. atau biasa disebut dengan Alfamart. Kegiatan pemasaran pada Alfamart yang berfokus pada jual beli barang kebutuhan makanan dan non-makanan dengan jumlah transaksi yang cukup besar pada total penjualan harian, sebuah perusahaan membutuhkan alat bantu analisis untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi perusahaan. Dikarenakan Alfamart merupakan salah satu perusahaan ritel berskala besar, terdapat beberapa permasalahan yang sering dijumpai sehari-harinya yaitu penentuan tata letak barang yang kurang strategis dan mudah dinotice oleh customer, tidak diketahuinya produk apa saja yang paling sering dibeli secara bersamaan oleh konsumen dan beberapa jenis barang di gudang yang overstock. Oleh karena itu, diadakan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui produk yang paling banyak diminati konsumen Alfamart Centre Park, mengetahui strategi pengendalian jumlah produk di gudang penyimpanan dan membantu manajemen mengembangkan strategi perusahaan dengan implementasi data mining pada software Rapidminer. Pengujian dilakukan dengan 2 (dua) tahap, yaitu secara manual dengan tabulasi data di excel dan kemudian diuji kesamaan hasil pada software Rapidminer. Terdapat 61 data transaksi dan 25 item produk yang akan dijadikan bahan pengujian dalam penelitian ini. Pengujian data secara manual dan menggunakan Rapidminer menghasilkan 10 kecocokan rules yang berarti pengujian yang telah dilakukan akurat. Hasil penelitian ini yaitu ditemukannya 10 aturan asosiasi dengan minimum support 40% dan confidence 70% yang diharapkan dapat menjadi rekomendasi bagi pelaku usaha untuk meningkatkan strategi penjualan. Dampak penataan produk bagi perusahaan jika mengaplikasikan hasil penelitian untuk kedepannya maka akan membuat konsumen Alfamart merasa dimudahkan dalam pencarian barang, persediaan di gudang selalu available dan tidak overstock. Sehingga pendapatan toko meningkat dan kerugian terhadap produk lain pun menurun. 3. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan solusi, gambaran serta bahan pertimbangan kepada pihak-pihak manajemen Alfamart dalam pengembangan strategi penjualan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Algoritma apriori, Association Rules, Confidences, Data Mining, Rapidminer: Apriori Algorithms, Association Rules, Confidences, Data Mining, Rapidminer
Subjects: 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 006.3 Kecerdasan Buatan
Divisions: Fakultas Teknik dan Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Lia Priscilla
Date Deposited: 02 Nov 2023 02:34
Last Modified: 02 Nov 2023 02:34
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/5840

Actions (login required)

View Item View Item