Implementasi Algoritma Fast Corner Detection dalam Perancangan Aplikasi Pengenalan Hewan Berbasis AR

Java, Irvan (2023) Implementasi Algoritma Fast Corner Detection dalam Perancangan Aplikasi Pengenalan Hewan Berbasis AR. Skripsi thesis, Program Studi Teknik Informatika.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di lakukan untuk memberikan informasi tentang hewan – hewan langkah yang sudah terancam punah, penelitian berfokus pada hewan – hewan yang sudah terancam punah di dunia. Beberapa hewan yang penulis pilih untuk penelitian ini antara lain ada, orangutan, komodo, kakapo strigops habroptilus), badak jawa, macan tutul amur dan vaquita (Phocoena sinus ). Augmented reality merupakan sebuah teknologi yang menggabungkan antara dunia nyata dan dunia virtual dengan bantuan perangkat komputer sehingga dapat di lihat secara realtime, tujuan penelitian membangun aplikasi pengenalan hewan ini guna menjadi media informasi dan pembelajaran yang menarik terlebih untuk anak-anak sekolah agar dapat mengetahui tentang hewan-hewan yang sudah terancam punah. Untuk tahapan awal penulis mencari informasi tentang hewan apa saja yang sudah terancam punah di dunia, untuk tahapan kedua penulis melihat contoh-contoh aplikasi augmented reality yang sudah ada, tahapan ketiga penulis mulai membuat racangan marker, marker ini ialah ilustrasi yang berbasis hitam dan putih yang di gunakan untuk pendeteksian sudut-sudut marker menggunakan algoritma fast coner detection. Android merupakan suatu sistem operasi berbasiskan Linux untuk telepon seluler yang menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri sehingga dapat digunakan oleh berbagai macam piranti bergerak. Hasil penelitian ini berupa aplikasi dengan berbasis augmented reality yang akan memberikan informasi yang berisi tentang hewan�hewan langkah, aplikasi di harapakan nantinya dapat menjadi media informasi dan pembelajaran yang menarik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Media Pembelajaran, Spesies Langka, Unity 3D, Vuforia SDK: Augmented Reality, Learning Media, endangered species, Unity 3D, Vuforia SDK.
Subjects: 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 006.3 Kecerdasan Buatan
Divisions: Fakultas Teknik dan Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Susila Novmbrita
Date Deposited: 02 Nov 2023 02:21
Last Modified: 02 Nov 2023 02:21
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/5835

Actions (login required)

View Item View Item