Perancangan Game 2D Platformer dengan Gabungan Edukasi Bahasa Pemrograman C Berbasis Desktop Menggunakan Metode Game Development Life Cycle

Erick, Erick (2023) Perancangan Game 2D Platformer dengan Gabungan Edukasi Bahasa Pemrograman C Berbasis Desktop Menggunakan Metode Game Development Life Cycle. Skripsi thesis, Program Studi Teknik Informatika.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (956kB) | Request a copy

Abstract

Pesatnya perkembangan populasi game di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir menegaskan bahwa permainan elektronik telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari. Berdasarkan laporan “We Are Social” oleh Meltwater, 60,7% dari populasi pengguna intermet Indonesia berusia 16 hingga 64 tahun menggunakan desktop. Selain itu, Indonesia menempati peringkat kedua dalam jumlah pemain game dengan persentase mencapai 94,8%, hanya di bawah Filipina. Namun, siswa pemula sering menghadapi kesulitan dan frustrasi saat mempelajari bahasa pemrograman, dan hal yang serupa juga dialami oleh mahasiswa Non-IT ketika mencoba memahami bahasa pemrograman C. Masalah ini berdampak pada tingkat kelulusan yang rendah. Kurangnya pemahaman dalam pemrograman komputer menyebabkan kesenjangan dalam kompetensi teknik yang dibutuhkan oleh sektor IT, sehingga minat mereka dalam pemrograman menurun. Selain itu, siswa dan mahasiswa sering mengandalkan platform online, seperti kursus pembelajaran dan simulator untuk mempelajari bahasa pemrograman C. Namun media pembelajaran berbasis game dalam bahasa Indonesia yang berfokus pada pengenalan konsep dasar masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan aplikasi 2D platformer dengan gabungan edukasi bahasa pemrograman C berbasis desktop menggunakan metode GDLC dan model perancangan sistem berbasis UML. Metode pengembangan game terdiri dari 6 tahap, yang dimulai dari tahap inisialisasi, pra produksi, produksi, pengujian alpha dengan metode blackbox, pengujian beta, hingga rilis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game yang dirancang berhasil menggabungkan game platformer dan kuis, sehingga pemain dapat belajar bahasa pemrograman C secara interaktif. Aplikasi ini menyajikan materi pengenalan konsep dasar dalam bahasa Indonesia sebagai media pembelajaran. Implementasi aplikasi ini berhasil dilakukan dengan menggunakan Unity dan Visual Studio Community. Selain itu, hasil kuesioner menunjukkan bahwa game ini secara umum dianggap bermanfaat sebagai alat pembelajaran bahasa pemrograman C.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bahasa pemrograman C, 2D platformer, Edukasi, GDLC, UML: C programming language, 2D platformer, Education, GDLC, UML
Subjects: 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 006.3 Kecerdasan Buatan
Divisions: Fakultas Teknik dan Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Susila Novmbrita
Date Deposited: 02 Nov 2023 01:41
Last Modified: 02 Nov 2023 01:41
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/5829

Actions (login required)

View Item View Item