Penerapan Fuzzy Logic dalam Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan (Study Kasus RM Cahya Aldi 226 Seafood)

Jumriana, Jumriana (2019) Penerapan Fuzzy Logic dalam Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan (Study Kasus RM Cahya Aldi 226 Seafood). Skripsi thesis, Program Studi Teknik Informatika.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (994kB)
[img] Text
bab IV s.d V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (539kB) | Request a copy

Abstract

Dalam suatau usaha rumah makan maupun usaha umum lainnya kepuasaan pelanggan merupakan hal utama yang harus diberikan, baik dari segi harga, pelayanan, kualitas dan prasarana. Kepuasan merupakan tujuan utama bagi pelaku usaha, yang pada dasarnya bisa menggambarkan kesuksesan pemilik usaha. Kepuasaan pelanggan yaitu bahagia yang dirasakan oleh pelanggan karena mendapatkan hal yang diinginkan atau sesuai dengan harapan sehingga tidak mengecewakannya. Rumah makan Cahya Aldi 226 Seafood merupakan salah satu rumah makan yang cukup ramai dikunjungi pelangganm sehingga wajib bagi pemilik usaha rumah makan untuk meberikan kepuasan terhadap pelanggannya, namun tidak mudah karena pelanggan memiliki kepuasan yang berbeda beda. Tingkat kepuasan pelanggan tidak dapat diukur dari satu hal, pada dasarnya satu hal yang membuat pelanggan kecewa maka hal lain akan menjadikan pelanggan tidak puas, misalkan kualitas baik namun pelayanan lambat atau pelayanan cepat namun kualitas buruk dan prasaranan yang tidak memadai. Fuzzy logic merupakan Fuzzy logic, yaitu keputusan berbasis aturan yang mengandung ketidakpastian yang bertujuan dalam memecahan masalah. Fuzzy logic merupakan salah satu bagian dari kecerdasan buatan yang bisa diterapkan pada sistem atau komputer untuk membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya. Metode mamdani yaitu merupakan salah satu metode yang sangat fleksibel dan memiliki toleransi pada data yang ada. Fuzzy mamdani memiliki kelebihan yakni, lebih intuitif, diterima oleh banyak pihak. Penggunaan fuzzy mamdani ini sama halnya dengan penggunaan metode peramalan pada bidang statistik. Penentuan analisis berdasarkan pendekatan fuzzy lebih efisien dalam pendekatan menggunakan angka dibanding dengan metode peramalan. Berdasarkan hasil pengujian dari data yang sudah diolah, diperoleh hasil penghitungan manual yaitu 86,7902 sedangkan untuk pengujian sistem menggunakan matlab diperoleh hasil 86,5. Berdasarkan hasil pengujian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pelanggan pada rumah makan Cahya Aldi 226 Seafood yaitu puas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Logika Fuzzy, Metode Mamdani, Kepuasaan Pelanggan: Fuzzy Logic, Mamdani Method, Customer Satisfaction
Subjects: 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 006.3 Kecerdasan Buatan
Divisions: Fakultas Teknik dan Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Susila Novmbrita
Date Deposited: 30 Oct 2023 04:27
Last Modified: 30 Oct 2023 04:27
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/5510

Actions (login required)

View Item View Item