Pengaruh Pelayanan dan Produk terhadap Kepuasan Nasabah pada PT Bank OCBC NISP Tbk Cabang Palm Spring Batam

Wirawinata, Nando (2019) Pengaruh Pelayanan dan Produk terhadap Kepuasan Nasabah pada PT Bank OCBC NISP Tbk Cabang Palm Spring Batam. Skripsi thesis, Prodi Manajemen.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (634kB)
[img] Text
bab IV s.d V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan dunia usaha masa sekarang ditandai dengan makin ketatnya persaingan, oleh sebab itu peranan marketing semakin penting dan menjadi penentu setiap perusahaan, terutama perusahaan jasa bank. Kesuksesan bisnis perusahaan ditentukan oleh keberhasilan pemasarannya dalam menerapkan strategi yang berorientasi pada keuntungan. Berkembangnya suatu bisnis dalam pengelolaan maket strategi, perlu peran manajerial agar mampu mengakomodir sumber-sumber daya yang ada. Persaingan di industri perbankan dan jasa keuangan yang semakin intensif menuntut bank harus memahami kebutuhan dan keinginan nasabahnya karena setiap bank akan bersaing untuk menyediakan produk dan jasa perbankan yang sesuai dengan keinginan nasabah dan lebih baik mutunya akan dipilih oleh nasabah. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pelayanan dan produk terhadap kepuasan nasabah pada PT Bank OCBC NISP Palm Spring Batam. Jumlah sampel sebanyak 263 orang dan yang menjadi responden adalah nasabah PT Bank OCBC NISP Palm Spring Batam. Metode yang digunakan kuantitatif kausalitas dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa pelayanan berpengaruh positif sebesar 7.993 lebih besar dibandingkan dengan t tabel 1.652 dan signifikan dengan nilai sig t sebesar 0.000 lebih kecil dari alpha 0.05. Sedangkan produk berpengaruh positif sebesar 6.358 lebih besar dibandingkan dengan t tabel 1.652 dan signifikan dengan nilai sig t sebesar 0.000 lebih kecil dari alpha 0.05. Kemudian secara simultan pelayanan dan produk berpengaruh signifikan sebesar 0.000<0.05 dan nilai F hitung 320.903>F tabel 3.04 terhadap kepuasan nasabah pada PT Bank OCBC NISP Palm Spring Batam. Simpulan, pelayanan berpengaruh positif dan signifikan, kemudian produk berpengaruh positif dan signifikan dan secara simultan pelayanan dan produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah PT Bank OCBC NISP Palm Spring Batam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan, Produk, Kepuasan Nasabah: Services. Product, Customer Satisfaction
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.02 Manajemen Perusahaan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Manajemen
Depositing User: Susila Novmbrita
Date Deposited: 28 Oct 2023 05:46
Last Modified: 28 Oct 2023 05:46
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/5365

Actions (login required)

View Item View Item