Perancangan Game Edukasi Puzzle dan Quiz “Pahlawan Nasional Indonesia” untuk Memperkenalkan Pahlawan Indonesia Kepada Anak Berbasis Android

Sinaga, Andre Deni (2019) Perancangan Game Edukasi Puzzle dan Quiz “Pahlawan Nasional Indonesia” untuk Memperkenalkan Pahlawan Indonesia Kepada Anak Berbasis Android. Skripsi thesis, Prodi Teknik Informatika.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (14MB)
[img] Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Masih kurang nya media pendukung dalam proses belajar mengajar khususnya mata pelajaran Sejarah materi pengenalan pahlawan indonesia, sehingga membuat anak – anak generasi saat ini kurang bermotivasi dalam belajar dan membaca buku, mereka lebih asik bermain dan mengobrol dengan teman-temannya dan tidak mengikuti dan memperhatikan proses belajar mengajar yang sedang berlangsung. Oleh sebab itu di perlukan lah sebuah media yang dapat meningkatkan minat belajar anak – anak dalam mengenal dan mengetahui pahlawan – pahlawan indonesia. Penyusunan penelitian ini menggunakan perancangan metode Game Development Life Cycle (GLDC) dan alat bantu yang peneliti gunakan untuk menganalisis adalah Unified Modelling Language (UML) yang terdiri dari Use Case Diagram, Squence Diagram dan Activity Diagram. Dan software yang peneliti gunakan dalam perancangan penelitian ini adalah Construc 2. Game edukasi Puzzle dan Quiz ini dimainkan oleh satu orang pemain yang terdiri dari beberapa mode permainan yaitu Puzzle dan Quiz, di dalam mode Quiz pemain akan menjawab beberapa soal untuk mendapatkan score tertinggi yang sudah di capai sebelumnya sedangkan pada mode Puzzle pemain akan menyusun sebuah gambar yang telah teracak. Hasil dari pengujian game edukasi Puzzle dan Quiz ini sudah dapat di pasang dan di install pada smartphone dengan spesifikasi sistem operasi minimun Android Versi 4.1 Jellybean hingga Android Versi 8.0 Oreo dan resolusi layar pada saat bermain adalah 1280 x 720 Pixels.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Game Development Life Cycle (GLDC), Construc 2, Game Edukasi, Pahlawan Nasional Indonesia, Game Puzzle, Unified Modelling Language(UML): Game Development Life Cycle (GLDC), Construct 2, Educational Games, Indonesian National Heroes, Game Puzzle, Unified Modeling Language (UML)
Subjects: 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 005.5 Program Aplikasi dengan Kegunaan Khusus
Divisions: Fakultas Teknik dan Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Lia Priscilla
Date Deposited: 28 Oct 2023 04:53
Last Modified: 28 Oct 2023 04:53
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/5346

Actions (login required)

View Item View Item