Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT Pos Indonesia Batam

putra, Irwansyah (2019) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT Pos Indonesia Batam. Skripsi thesis, Program Studi Manajemen.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (457kB)
[img] Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy

Abstract

Di era globalisasi sekarang ini yang ditandai oleh revolusi teknologi komunikasi dan teknologi informasi mengakibatkan terjadinya perubahan yang luar biasa. Para pelaku bisnis yang bergerak dibidang jasa pelayanan harus berperan aktif dalam era persaingan dewasa ini, sehingga dapat menjadi pemain utama bukan hanya sekedar penonton dalam masuknya barang-barang. PT Pos Indonesia Batam bergerak dibidang pelayanan lalu lintas berita, info tertulis, barang dan uang dalam melakukan tugas ini PT Pos Indonesia Batam terbagi atas beberapa sub direktorat yang salah satunya adalah direktorat sumber daya manusia.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh signifikan antara kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan populasi yang diambil adalah pelanggan pada PT Pos Indonesia Batam. Sampel peneliian ini sebanyak 385 responden. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah Nonprobability sampling dengan sampling insidental yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan yaitu siapa saja yang secara kebetulan atau incidental bertemu dengn peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu tidak cocok sebagai sumber data. Penelitian ini dilakukan di PT Pos Indonesia Batam, dan penelitian ini diolah dengan aplikasi SPSS untuk membantu mendapatkan hasil penelitian ini. Analisis penelitian ini meliputi: uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan koefisien determinasi (R2 ), dan pengujian= hipotesis melalui uji t dan uji F. Semua pernyataan telah diuji dan dinyatakan valid serta reliabel. Hasil penelitian secara parsial melalui pengujian t diketahui bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dan variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil pengujian hipotesis ini telah membuktikan antara kualitas pelayanan dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Harga, Loyalitas Pelanggan: Service Quality, Price, Customer loyalty.
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.3 Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Manajemen
Depositing User: Susila Novmbrita
Date Deposited: 27 Oct 2023 09:41
Last Modified: 27 Oct 2023 09:41
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/5242

Actions (login required)

View Item View Item