Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pasien di Klinik Mediplus Batam

Natalia, Theresia Putri (2019) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pasien di Klinik Mediplus Batam. Skripsi thesis, Program Studi Manajemen.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (455kB)
[img] Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy

Abstract

Kajian dari penelitian ini tentang pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pasien di Klinik Mediplus Batam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh secara parsial maupun simultan antara kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pasien. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin sesuai dengan jumlah responden yang diambil menggunakan teknik probability sampling. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner, skala likert. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian diketahui bahwa hasil uji t dimana t hitung kualitas pelayanan = 2,962 > t tabel 1,661 dan t hitung variabel fasilitas = 4,096 > t tabel 1,661. Disimpulkan secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan dari variabel kualitas pelayanan (X1) terhadap variabel kepuasan pasien (Y) dan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari fasilitas (X2) terhadap variabel kepuasan pasien (Y). Hasil uji F dimana F hitung 72,558 > F tabel 3,09. Disimpulkan bahwa hasil uji t pada variabel kualitas pelayanan memiliki nilai signifikansi 0,004 < 0,05, dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa memiliki pengaruh positif dan signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien diterima dan hasil uji t pada variabel fasilitas memilki nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa memiliki pengaruh positif dan sifnifikan antara fasilitas terhadap kepuasan pasien diterima. Selanjutnya, hipotesis yang telah diajukan dalam penelitian ini diterima, dinyatakan simultan antara kualitas pelayanan dan fasilitas secara bersama-sama berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan pasien

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Kepuasan Pasien: Service Quality, Facilities, Patient Satisfaction
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.02 Manajemen Perusahaan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Manajemen
Depositing User: Susila Novmbrita
Date Deposited: 27 Oct 2023 09:35
Last Modified: 27 Oct 2023 09:35
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/5240

Actions (login required)

View Item View Item