Natalia, Theresia Putri (2019) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pasien di Klinik Mediplus Batam. Skripsi thesis, Program Studi Manajemen.
Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version Download (455kB) |
|
Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (243kB) | Request a copy |
Abstract
Kajian dari penelitian ini tentang pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pasien di Klinik Mediplus Batam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh secara parsial maupun simultan antara kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pasien. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin sesuai dengan jumlah responden yang diambil menggunakan teknik probability sampling. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner, skala likert. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian diketahui bahwa hasil uji t dimana t hitung kualitas pelayanan = 2,962 > t tabel 1,661 dan t hitung variabel fasilitas = 4,096 > t tabel 1,661. Disimpulkan secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan dari variabel kualitas pelayanan (X1) terhadap variabel kepuasan pasien (Y) dan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari fasilitas (X2) terhadap variabel kepuasan pasien (Y). Hasil uji F dimana F hitung 72,558 > F tabel 3,09. Disimpulkan bahwa hasil uji t pada variabel kualitas pelayanan memiliki nilai signifikansi 0,004 < 0,05, dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa memiliki pengaruh positif dan signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien diterima dan hasil uji t pada variabel fasilitas memilki nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa memiliki pengaruh positif dan sifnifikan antara fasilitas terhadap kepuasan pasien diterima. Selanjutnya, hipotesis yang telah diajukan dalam penelitian ini diterima, dinyatakan simultan antara kualitas pelayanan dan fasilitas secara bersama-sama berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan pasien
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Kepuasan Pasien: Service Quality, Facilities, Patient Satisfaction |
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.02 Manajemen Perusahaan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Manajemen |
Depositing User: | Susila Novmbrita |
Date Deposited: | 27 Oct 2023 09:35 |
Last Modified: | 27 Oct 2023 09:35 |
URI: | http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/5240 |
Actions (login required)
View Item |