Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Konsumen pada Hotel 01 Batam Centre

Randy, Ahmad (2019) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Konsumen pada Hotel 01 Batam Centre. Skripsi thesis, Prodi Manajemen.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu sarana yang sangat menunjang keberlangsungan perkembangan wisata di Batam yaitu industri Perhotelan. Sarana ini berperan sangat besar dalam memberikan fasilitas terhadap wisatawan dalam penyediaan akomodasi dengan produk utama berupa pelayanan dan fasilitas penginapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Hotel 01 Batam Center. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 6051 orang konsumen dengan memiliki karakteristik yang berbeda-beda ataupun tertentu. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 375 yang diambil menggunakan teknik non probability sampling dengan metode aksidental sampling, Hasil penelitian menyatakan pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dengan thitung lebih besar dari ttabel (12.780) > (1,9664) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, artinya berpengaruh signifikan, pengaruh fasilitas terhadap kepuasan konsumen dengan thitung lebih besar dari ttabel (3.952) > (1,9664) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, artinya berpengaruh signifikan dan secara bersamaan kualitas pelayanan dan fasilitas secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan Fhitung lebih besar dari Ftabel (121.621) >(3,8). Dan nilai R2 39,5% artinya dipengaruhi oleh kualitas pelayanan dan fasilitas, sementara sisanya 60,5% dipengaruhi oleh variabel yang tidak dimasukkan kedalam penelitian ini. Kesimpulan pada penelitian ini kualitas pelayanan dan fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Kepuasan Konsumen: Service Quality, Facilities, Consumer Satisfaction
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.02 Manajemen Perusahaan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Manajemen
Depositing User: Susila Novmbrita
Date Deposited: 27 Oct 2023 06:22
Last Modified: 27 Oct 2023 06:22
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/5204

Actions (login required)

View Item View Item