Augmented Reality untuk Visualisasi Katalog Jembatan Timbang dengan Metode Marker Based pada PT Top Scale Indonesia

Suwanda, Suwanda (2019) Augmented Reality untuk Visualisasi Katalog Jembatan Timbang dengan Metode Marker Based pada PT Top Scale Indonesia. Skripsi thesis, Program Studi Teknik Informatika.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (812kB)
[img] Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (521kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi yang begitu pesat terbukti berpengaruh terhadap ketergantungan masyarakat yang mengandalkan smartphone sebagai alat instan menerima informasi yang cepat. Pada bidang marketing pemanfaatan teknologi augmented reality sudah diterapkan diperusahan sebagai sarana pendukung penyampaian informasi. Di era digitalisasi seperti saat ini memungkinkan setiap orang memiliki smartphone. Maka dari itu pemanfaatan inilah yang mendorong pembuatan augmented reality berbasis katalog interaktif. Dimana dahulunya katalog hanya berupa gambar dan keterangan deskripsi secara lengkap dari sebuah produk, kini bisa dikembangkan dengan memungkinkan object dari gambar muncul secara virtual dengan desain 3D model, animasi dan dilengkapi dengan audio sebagai alat pendukung menjelaskan suatu produk. Aplikasi augmented reliaty visualisasi katalog jembatan timbang disebut weighbridge ar. Dimana dahulunya marketing menjelaskan produk terhadap calon custumer dengan mendeskripsikan lewat gambar 2D kini dapat lebih interaktif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini melaui studi pustaka, wawancara, dan observasi dan perancangan sistem menggunaka UML (Unified Modeling Language). Aplikasi ini dibuat dengan bantuan vuforia sebagai database marker, 3D Max sebagai object modelling dan unity sebagai pengolah asset gambar, marker,dan pembuatan aplikasi androidnya. Kemudian pembuatan katalog yang disisipi marker berupa QR code sebagai syarat memunculkan object 3D melalu kamera smartphone dengan metode marker based.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: augmented reality, marker, QR Code, UML: augmented reality, marker, QR Code, UML
Subjects: 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 006.3 Kecerdasan Buatan
Divisions: Fakultas Teknik dan Komputer > Teknik Industri
Jabatan Fungsional > Hendri Herman
Jabatan Fungsional > Jontro Simanjuntak
Jabatan Fungsional > Michael Jibrael Rorong
Jabatan Fungsional > Nur Elfi Husda
Depositing User: Susila Novmbrita
Date Deposited: 25 Oct 2023 09:34
Last Modified: 25 Oct 2023 09:34
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/5020

Actions (login required)

View Item View Item