Pengaruh Administrasi Perpajakan Kualitas Pelayanan dan Sanksi Denda Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kota Batam

Wulandari, Sri (2019) Pengaruh Administrasi Perpajakan Kualitas Pelayanan dan Sanksi Denda Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kota Batam. Skripsi thesis, Prodi Akuntansi.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (13MB)
[img] Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh administrasi perpajakan, kualitas pelayanan, dan sanksi denda pajak terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang membayar pajak kendaraan bermotor pada kantor SAMSAT Batam Center. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 wajib pajak, pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah data primer. Pengolahan data menggunakan program SPSS Versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa administrasi perpajakan secara parsial tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor yang ditunjukkan oleh nilai t hitung sebesar 1,532 < nilai t tabel 1,984 dan nilai signifikan 0,129 > 0,05. Kualitas pelayanan secara parsial tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor yang ditunjukkan oleh nilai t hitung sebesar 1,461 < t tabel 1,984 dan nilai signifikan 0,147 > 0,05. Sanksi denda pajak secara parsial berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor yang ditunjukkan oleh nilai t hitung sebesar 2,197 > t tabel 1,984 dan nilai signifikan 0,030 < 0,05. Administrasi Perpajakan, Kualitas Pelayanan dan Sanksi Denda Pajak secara simultan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak membayar pajak kendaraan bermotor yang ditunjukkan oleh nilai F hitung sebesar 15,044 > nilai F tabel 2,70 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05, nilai R square sebesar 0,129 atau 12,9% yang artinya variabel Administrasi Perpajakan, Kualitas Pelayanan, dan Sanksi Denda Pajak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor 0,129 atau 12,9% sedangkan 0,871 atau 87,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di bahas dalam penelitian ini. Dengan hasil penelitian yang diolah, maka peneliti menyarankan supaya pemerintah agar mempermudah masyarakat dalam pengurusan administrasi perpajakan serta kemudahan lainya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Administrasi Perpajakan, Kualitas Pelayanan, dan Sanksi Denda Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kota Batam: Tax Administration, Service Quality, and Tax Fines Sanctions Against Compliance with Motor Vehicle Taxpayers in Batam City
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 657.46 Akuntansi Perpajakan, Akuntansi Pajak
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Akuntansi
Depositing User: Lia Priscilla
Date Deposited: 19 Oct 2023 07:07
Last Modified: 19 Oct 2023 07:07
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/4997

Actions (login required)

View Item View Item