Analisis Data Pola Pembelian Konsumen dengan Algoritma Apriori pada Transaksi Penjualan Minimarket D Mart

Novitasari, Novitasari (2019) Analisis Data Pola Pembelian Konsumen dengan Algoritma Apriori pada Transaksi Penjualan Minimarket D Mart. Skripsi thesis, Prodi Sistem Informasi.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (817kB)
[img] Text
bab IV s.d V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (682kB) | Request a copy

Abstract

Minimarket D Mart merupakan salah satu toko yang menjual berbagai barang�barang kebutuhan sehari-hari. Minimarket D mart dapat melakukan beberapa atau bahkan puluhan transaksi dalam satu hari, dan akan terus bertambah dalam setiap harinya. Minimarket D mart dalam melakukan transaksi sudah menggunakan komputer namun data tersebut hanya berfungsi sebagai arsip, sehingga data tersebut menjadi menumpuk. Dari tumpukan data tersebut dapat memperoleh informasi baru jika di olah dengan baik seperti melihat pola barang apa saja yang sering dibeli oleh konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana proses analisa data mining dengan algoritma apriori dan untuk mengetahui rule apa saja yang dihasilkan dari nilai support dan confidence tertinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode data mining dengan algoritma apriori, algoritma apriori termasuk jenis aturan asosiasi pada data mining. Selain apriori, yang termasuk dalam golongan ini merupakan metode market basket analysis. Market basket analysis adalah metodologi untuk melakukan analisis pola belanja konsumen dengan menemukan asosiasi antar beberapa item yang berbeda. Berdasarkan hasil pengujian penerapan algoritma apriori pada teknik data mining sangat efisien dan dapat mempercepat proses pembentukan kecenderungan pola kombinasi itemset hasil penjualan di Minimarket D Mart yaitu dengan support dan confidence tertinggi adalah teh pucuk, aqua dengan support 54% dan confidence 100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Data Mining, Apriori, Market Basket Analysis : Data mining, Apriori, Market Basket Analysis
Subjects: 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 006.3 Kecerdasan Buatan
Divisions: Fakultas Teknik dan Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Susila Novmbrita
Date Deposited: 17 Oct 2023 12:02
Last Modified: 17 Oct 2023 12:02
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/4918

Actions (login required)

View Item View Item