Perancangan Game Edukasi Pengenalan Kebudayaan Indonesia untuk Anak Usia Dini Berbasis Android

Nita, Epsa (2019) Perancangan Game Edukasi Pengenalan Kebudayaan Indonesia untuk Anak Usia Dini Berbasis Android. Skripsi thesis, Program Studi Teknik Informatika.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (767kB)
[img] Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy

Abstract

Media pendukung dalam proses belajar mengajar masih sangat kurang, terutama mata pelajaran Seni Budaya tentang kebudayaan daerah di Indonesia yang membuat anak-anak cepat bosan dan kurang termotivasi dalam belajar jika hanya mendengarkan penjelasan dari guru dan membaca buku pelajaran. Umumnya anak�anak sangat menyukai hal-hal yang unik dalam hal apapun, salah satunya dalam hal belajar, karena belajar merupakan hal penting untuk menambah ilmu pengetahuan anak. Maka dari itu peneliti ingin menciptakan sebuah game edukasi pengenalan kebudayaan Indonesia untuk anak gerenerasi penerus bangsa sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar anak agar tidak memudarnya Budaya yang ada di Indonesia. Penyusunan perancangan Game ini menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC), Unified Modelling Language (UML) untuk menganalisis, yang terdiri dari Use Case Diagram, Activity Diagram, dan Sequence Diagram. Peneliti juga menggunakan Software Construct2 untuk merancang game. Game yang berbentuk Quiz ini dimainkan oleh satu orang pemain. Dimana pemain akan menjawab beberapa soal untuk mencapai Score tertinggi yang sudah dicapai sebelumya. Hasil pengujian game ini sudah dapat di Install pada Smartphone dengan spesifikasi sistem operasi minimun Android Versi 5.0 Lollipop hingga Android Versi 8.0 Oreo dan ukuran layar pada saat bermain adalah 1280 x 720 Pixels sehingga menghasilkan sebuah Aplikasi Game Edukasi Pengenalan Kebudayaan Indonesia Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Game Develpoment Life Cycle (GDLC), Unified Modelling Language (UML), Constuct2, Game Edukasi, Kebudayaan Indonesia:Game Develpoment Life Cycle (GDLC), Unified Modelling Language (UML), Constuct2, Educational Game, Indonesia Culture
Subjects: 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 004.028 Teknik, Prosedur, Alat-alat, Perlengkapan, Bahan-bahan dalam Ilmu Komputer
Divisions: Fakultas Teknik dan Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Susila Novmbrita
Date Deposited: 17 Oct 2023 05:42
Last Modified: 17 Oct 2023 05:42
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/4905

Actions (login required)

View Item View Item