Aplikasi Pembelajaran Matematika Berbasis Android Menggunakan Algoritma Fisher Yates Shuffle

Zaman, Muchamad Badrus (2019) Aplikasi Pembelajaran Matematika Berbasis Android Menggunakan Algoritma Fisher Yates Shuffle. Skripsi thesis, Prodi Teknik Informatika.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Di era digital pada saat ini tentunya hampir semua pekerjaan tidak terlepas dari yang namanya teknologi modern. Pada penelitian ini akan membahas pelajaran matematika di sekolah dasar, penelitian ini dilakukan dengan tujuan membantu para guru dalam mengajar anak didiknya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan wawancara, studi pustaka, observasi dan dokumentasi. Menurut Sukstrienwong, A. dalam jurnal yang berjudul Animo math: The role-playing game in mathematical learning for children yang berbunyi “Melakukan penelitian dengan tujuan memotivasi siswa untuk lebih memperhatikan dan mempelajari matematika dengan media game edukasi berupa permainan matematika yang telah di kembangkan untuk anak-anak berusia 5-7 tahun”. Peneliti merancang aplikasi dengan tema matematika yang berbasis android dengan tujuan mengganti pembelajaran secara konvensional menjadi pembelajaran secara digital. Aplikasi ini menggunakan software pendukung yaitu Adobe Flash CS 6 Prefesional. Aplikasi berbasis android ini diformulasikan untuk siswa kelas 1 sekolah dasar supaya dalam belajar matematika tidak merasa jenuh dan bosan sehingga dapat mencerna pelajaran dengan baik dan tidak mudah lupa. Algoritma yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Algoritma Fisher Yates Shuffle. Algoritma Fisher Yates Shuffle sendiri bekerja secara permutasi acak dalam memecahkan suatu masalah. Hasil dari penelitian ini yaitu aplikasi berbentuk game edukasi, aplikasi ini bisa digunakan untuk pembelajaran matematika untuk anak sekolah dasar dalam bentuk android

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, Android, Matematika, Adobe Flash dan Fisher Yates Shuffle: Application, Android, Mathematics, Adobe Flash and Fisher Yates Shuffle
Subjects: 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik dan Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Susila Novmbrita
Date Deposited: 14 Oct 2023 01:58
Last Modified: 14 Oct 2023 01:58
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/4708

Actions (login required)

View Item View Item