Pengaruh Harga Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan PT Lion Air di Kota Batam

Manullang, Febri Mika Valentine (2019) Pengaruh Harga Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan PT Lion Air di Kota Batam. Skripsi thesis, Prodi Manajemen.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (13MB)
[img] Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi transportasi sudah semakin modern dilihat dari banyaknya masyarakat yang sudah menggunakan transportasi itu sendiri. Jasa transportasi yang paling banyak diminati masyarakat sekarang jasa transportasi udara. PT Lion Air merupakan salah satu perusahaan penerbangan domestik terbesar di Indonesia dan harus bisa melihat tingkat kepuasan dan loyalitas pelanggan nya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif yang menekankan pada fenomena objektif dan dikaji secara kuantitatif. Analisis penelitian menggunakan analisis path pada model regresi linear berganda untuk mengetahui hubungan sebab akibat. Hasil penelitian mengatakan valid dan reliabel, normal dan tidak terjadi multikolinearitas dan heterokedastisitas. Secara parsial variabel harga dinyatakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelangan sebesar 0,276 atau 27,6%, variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 0,332 atau 33,2% dan variabel kepuasan pelangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelangan sebesar 0,668 atau 66,8%, dan pengaruh harga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan sebesar -0,095 atau 9,5% serta pengaruh kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelangan sebesar 0,0151 atau 1,51 %. Simpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan pada variabel harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dan kualitas pelayanan terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelangan serta pengaruh negatif dan signifikan variabel harga terhadap loyalitas pelanggan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan: price, service quality, customer satisfaction, customer loyalty
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.3 Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Manajemen
Depositing User: Lia Priscilla
Date Deposited: 14 Oct 2023 01:51
Last Modified: 14 Oct 2023 01:51
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/4703

Actions (login required)

View Item View Item