Pengaruh Kualitas Pelayanan, Tarif dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan pada Rumah Sakit Umum Daerah Embung Fatimah Kota Batam

Anggraeni, Dewi (2019) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Tarif dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan pada Rumah Sakit Umum Daerah Embung Fatimah Kota Batam. Skripsi thesis, Prodi Manajemen.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (14MB)
[img] Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan di bidang jasa meningkat pesat salah satunya yaitu tempat pelayanan kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas, klinik, balai pengobatan dan lain-lain. Rumah sakit merupakan salah satu lembaga yang bergerak dibidang pelayanan jasa kesehatan dengan tanggung jawab memberikan pengobatan dan memberikan perawatan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, tarif dan fasilitas terhadap kepuasan pasien. Dimana variabel independen adalah kualitas pelayanan, tarif dan fasilitas, mempengaruhi kepuasan pasien sebagai variabel dependen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan di RSUD Embung Fatimah Kota Batam, dengan sampel sebanyak 100 responden. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Analisis kuantitatif meliputi validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis linier berganda, koefisien determinasi (R2), uji f dan uji t. Data dari penelitian ini diolah menggunakan SPSS versi 20. Hasil dari penelitian ini adalah kualitas pelayanan secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien, tarif berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien dan fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien. Sementara hasil simultan, kualitas pelayanan, tarif dan fasilitas memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan; tarif; fasilitas; kepuasan pasien: service quality; rates; facilities; patient satisfaction
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.3 Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Manajemen
Depositing User: Lia Priscilla
Date Deposited: 13 Oct 2023 09:49
Last Modified: 13 Oct 2023 09:49
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/4691

Actions (login required)

View Item View Item