Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT Indo Bangun di Kota Batam

Efendi, Efendi (2019) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT Indo Bangun di Kota Batam. Skripsi thesis, Prodi Manajemen.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (15MB)
[img] Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Dampak modernisasi sangat besar bagi perkembangan bisnis secara global. Pasar terbuka luas dan peluang menjadi semakin lebar, namun persaingan menjadi semakin ketat dan sulit diprediksi. Setiap perusahaan berusaha mempertahankan pelanggan yang sudah ada dari waktu ke waktu dengan kondisi yang selalu mengalami perubahan. Manajemen perusahaan melakukan berbagai usaha dan upaya melakukan strategi untuk meningkatkan jumlah pelanggan baru dari persaingan yang makin kompetitif. Untuk mengatasi keinginan pelanggan yang beraneka ragam tersebut, manajemen perusahaan berusaha memenuhi keinginan pelanggan secara maksimal melalui sikap karyawan dalam mellayani. Sikap pelanggan yang sering ditemui dilapangan digolongkan dua macam, yaitu pellanggan yang sabar dan tidak sabar. Harga dianggap salah satu faktor yang menentukan bagi perusahaan untuk mendapat keuntungan, tetapi strategi harga bukanlah satu-satunya cara untuk mengatasi berbagai persoalan dalam perusahhaan. Setiap perusahaan hendaknya mempertimbangkan secara baik setiap keputusan dalam masalah harga, upaya yang dillakukan perusahaan dalam mencapai loyalitas pelanggan dengan memberikan harga yang murah dan produk yang berkualitas. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas pelanggan pada PT Indo Bangun di Kota Batam. Metode yang digunakan penelitian kuantitatif kausalitas dengan analisis regresi linier berganda. Hasil menunjukkan, bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif sebesar 0,426 dan hasil nilai signifikan pada uji t sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 5,739 > t tabel 1,660 terhadap loyalitas pelanggan. Harga berpengaruh positif sebesar 0,236 dan hasil nilai signifikan pada uji t sebesar 0,004 < 0,05 dan nilai t hitung 2,962 > t tabel 1,660 terhadap loyalitas pelanggan. Kemudian secara simultan kualitas pelayanan dan harga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 45,468 > .F tabel 3,09. Simpulan, dengan adanya pelayanan yang baik akan membuat konsumen merasa nyaman dan harga yang relatif terjangkau akan membuat pelanggan loyal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan, harga, loyalitas pelanggan:Service quality, price, customer loyalty
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.3 Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Manajemen
Depositing User: Lia Priscilla
Date Deposited: 13 Oct 2023 01:35
Last Modified: 13 Oct 2023 01:35
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/4555

Actions (login required)

View Item View Item