Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah PT Pegadaian (Persero) Batam

Mira, Mira (2018) Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah PT Pegadaian (Persero) Batam. Skripsi thesis, Prodi Manajemen.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (976kB)
[img] Text
bab IV s.d V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (599kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu upaya pemerintah untuk menyehatkan perekonomian nasional adalah dengan cara penyaluran dana dalam bentuk kredit. Pegadaian syariah merupakan jaminan utang atau gadai. Lebih jelasnya pegadaian syariah merupakan sistem menjamin utang dengan barang yang dimiliki yang mana memungkinkan untuk dapat dibayar dengan uang atau hasil penjualannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh parsial (uji t) dan secara simultan (uji F) antara variabel citra merek dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan di PT. Pegadaian (Persero) Batam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada masing�masing responden sebanyak 294 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai R Square sebesar 0,135 atau 13,5%, dari nilai dapat diketahui citra merek dan kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan sebesar 13,5% sedangkan sisanya sebesar 86,5% dipengaruhi oleh faktor lain. tidak diperiksa. Hasil penelitian berdasarkan uji t untuk citra merek memiliki nilai (t hitung) sebesar 6,080> 1,968 (t tabel) dan nilai signifikan 0,000 <0,05 yang berarti bahwa variabel citra merek berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan kualitas layanan memiliki (t hitung) nilai 2,281> 1,968 (t tabel) dan nilai signifikan 0,023 <0,05, artinya variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Dan hasil uji F memiliki nilai sebesar 22,670> 3,03 (Ftabel) dan nilai signifikan 0,000 <0,05, dapat diartikan bahwa variabel citra merek dan kualitas layanan secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Citra Merek, Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan: Brand Image, Service Quality, Customer Satisfaction
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.81 Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Manajemen
Depositing User: Susila Novmbrita
Date Deposited: 12 Oct 2023 08:30
Last Modified: 12 Oct 2023 08:30
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/4509

Actions (login required)

View Item View Item