Simatupang, Ferdinan Ray (2018) Analisis Perilaku Konsumen terhadap Pembelian Ikan Lele di Pasar Tradisional di Batam Center. Skripsi thesis, Prodi Manajemen.
Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version Download (12MB) |
|
Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Pasar tradisional merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli yang ditandai dengan adanya transaksi secara langsung. Pasar tradisional berfungsi sebagai tempat jual-beli barang, wadah kegiatan ekonomi di Batam Center, menciptakan interaksi sosial yang erat, dan sarana rekreasi dengan suasana pasar yang khas. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli ikan lele, mengkaji variabel-variabel dominan yang dipertimbangkan dalam keputusan membeli ikan lele dan mengetahui perilaku konsumen dalam proses pengambilan keputusan membeli ikan lele di pasar tradisional di Batam Center. Metode dasar penelitian menggunakan metode deskriptif analitis. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah judgement sampling, peneliti berada di tempat penelitian untuk melakukan penyebaran kuesioner ataupun wawancara. Jumlah sampel yang diambil adalah 384 orang pembeli yang didasarkan pada tingkat kepercayaan 95%. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data secara observasi, wawancara, dan pencacatan. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis faktor. Analisis faktor adalah suatu analisis yang digunakan untuk mereduksi, meringkas dari banyak variabel menjadi beberapa faktor. Analisis faktor menggunakan data yang berasal dari pendapat responden terhadap 8 variabel yang diamati. Hasil analisis faktor menunjukkan bahwa ada 4 faktor yang manjadi pertimbangan konsumen dalam membeli ikan lele di pasar tradisional di Batam Center. Faktor tersebut berdasarkan prioritasnya adalah faktor harga, faktor promosi, faktor tempat, faktor produk (63,643 %) dan faktor tempat (15,739 %). Variabel-variabel yang dominan dipertimbangkan konsumen dalam membeli ikan lele di pasar tradisional di Batam Center untuk faktor tempat adalah variabel keamanan pasar (factor loading sebesar 0,892), faktor produk adalah variabel ukuran ikan (factor loading sebesar 0,693), faktor harga adalah variabel harga (factor loading sebesar 0,910), dan faktor promosi adalah variabel potongan harga (factor loading sebesar 0,885).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perilaku Konsumen, Bauran Pemasaran, Pembelian, Ikan Lele: Consumer Behavior, Marketing Mix, Purchase, Catfish |
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.81 Manajemen Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Manajemen |
Depositing User: | Susila Novmbrita |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 08:43 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 08:43 |
URI: | http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/4357 |
Actions (login required)
View Item |