Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT Multi Harapan Bersama

Sarita, Sonya (2019) Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT Multi Harapan Bersama. Skripsi thesis, Prodi Manajemen.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (14MB)
[img] Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Di era persaingan yang semakin ketat saat ini, perusahaan harus menciptakan strategi harga dan kualitas pelayanan yang menarik untuk memenuhi kepuasan pelanggan. Apabila seorang pelanggan merasa puas ketika mendapati kesamaan antara kinerja barang maupun jasa dengan harapan pelanggan, maka akan dapat mendorong mereka untuk membeli kembali produk tersebut. Dengan memenuhi kepuasan pelanggan, dapat mempengaruhi kelangsungan hidup suatu perusahaan.Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah terdapat pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT Multi Harapan Bersama. Pengambilan sampel ditentukan dengan menggunakan purposive sampling, dimana jumlah sampel sebanyak 136 responden berdasarkan rumus slovin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskripsif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh, uji hipotesis dengan menyebarkan kuesioner dan diuji dengan menggunkan software SPSS versi 21. Hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan regresi linear berganda dapatmenunjukkan bahwa variabel harga dalam t hitung = 3,253 > t tabel=1,97779 dan nilai signifikan 0,001 sedangkan variabel kualitas pelayanan dalam t hitung = 3,186>t tabel=1,97810 dan nilai signifikan 0,002, f hitung = 13,703 >f tabel = 2,673 dan nilai signifikan 0,000b < 0,05 (nilai alpha), maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan diduga variabel harga dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan secara parsial dan simultan terhadap kepuasan pelanggan pada PT Multi Harapan Bersama dapat di terima. Dari hasil penelitian ini diharapkan agar perusahaan dapat memperhatikan faktor harga dan meningkatkan kualitas pelayanan untuk memenuhi kepuasan pelanggan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan: Price, Service Quality, Customer Satisfaction
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.81 Manajemen Pemasaran
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.8342 Perilaku Konsumen
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Manajemen
Depositing User: Lia Priscilla
Date Deposited: 11 Oct 2023 08:30
Last Modified: 11 Oct 2023 08:30
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/4350

Actions (login required)

View Item View Item