Analisis Data Mining untuk Prediksi Penjualan pada PT Capella Dinamik Nusantara

Maulana, Abdi (2018) Analisis Data Mining untuk Prediksi Penjualan pada PT Capella Dinamik Nusantara. Skripsi thesis, Prodi Sistem Informasi.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (11MB)
[img] Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

PT Capella Dinamik Nusantara Sales Office Muka Kuning ialah perusahan yang bergerak dibidang penjualan sepeda motor Honda. Dimana Sales Office Head dituntut untuk dapat menggambil keputusan yang tepat dalam menentukan strategi penjualan guna mencapai target penjualan. Oleh sebab itu Sales Office Head membutuhkan banyak sumber informasi untuk dianalisa lebih lanjut. Ketersedian data penjualan yang banyak pada database belum dimanfaatkan secara maksimal, hanya diolah menggunakan aplikasi Microsoft Office Excel serta belum ada metode pengolahan data yang dapat digunakan untuk merancang sebuah strategi penjualan dalam meningkatkan penjualan. Dengan menerapkan metode klasifikasi Data mining pada data penjualan sepeda motor Honda pada PT Capella Dinamik Nusantara Sales Office Muka Kuning, diharapkan dapat menghasilkan suatu pengetahuan yang dapat digunakan dalam memprediksi dan menentukan strategi penjualan yang efektif. Algoritma C4.5 adalah algoritma klasifikasi data bertipe Decision tree. Decision tree Algoritma C4.5 dibangun dengan beberapa tahap yang meliputi pemilihan atribut sebagai akar, membuat cabang untuk tiap-tiap nilai dan membagi kasus dalam cabang. Tahapan-tahapan ini akan diulangi untuk setiap cabang sampai semua kasus pada cabang memiliki kelas yang sama. Dari penyelesaian Decision tree maka akan didapatkan beberapa rule. Dalam hal ini penulis mengklasifikasikan penjualan sepeda motor Honda berdasarkan data penjualan PT Capella Dinamik Nusantara Sales Office Muka Kuning. Penerapan Algoritma C4.5 ini dapat membantu PT Capella Dinamik Nusantara Sales Office Muka Kuning dalam memprediksi dan menentukan strategi penjualan. Dimana setelah dilakukkan perhitungan dengan metode Algoritma C4.5 dengan memperhatikan nilai gain (penguatan) tertinggi dari lima atribut yaitu Quartal, Segment, Penjualan Via, Series dan Harga, maka didapat hasil bahwa variabel tertinggi dalam memprediksi penjualan adalah variabel Segment, yang artinya pendistribusian motor ke setiap titik penjualan sangat berpengaruh terhadap penjualan motor, selanjutnya segment matic masih menguasai pasar penjualan sepeda motor Honda dibandingkan dengan Segment Cub dan Segment Sport.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Data mining, Klasifikasi, Decision tree, Algoritma C4.5, Prediksi: Data mining, Classification, Decision Tree, Algorithm C4.5, Prediction
Subjects: 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 005.12 Sistem Analisa dan Desain Perangkat Lunak
Divisions: Fakultas Teknik dan Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Lia Priscilla
Date Deposited: 09 Oct 2023 08:59
Last Modified: 09 Oct 2023 08:59
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/4245

Actions (login required)

View Item View Item