Evaluasi Kepuasan Pelanggan dengan Metode Servqual pada CV Riz Jaya Sejati di Kota Batam

Dearmi, Ulfi Ike (2018) Evaluasi Kepuasan Pelanggan dengan Metode Servqual pada CV Riz Jaya Sejati di Kota Batam. Skripsi thesis, Prodi Teknik Industri.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (6MB)
[img] Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan mengalami persaingan bisnis yang sangat tinggi pada era globalisasi saat ini baik nasional maupun Internasional. Perusahaan yang ingin tetap eksis dalam kompetisi harus mampu memenuhi kepuasan pelanggan. CV Riz Jaya Sejati sebagai general supplier di kota Batam, memfokuskan bisnis dalam pengadaan berbagai macam produk maupun material pendukung pekerjaan proyek konstruksi besar hingga kecil. CV Riz Jaya Sejati dituntut untuk dapat memenuhi pasokan produk yang dipesan oleh pelanggan dengan mutu terbaik, harga yang terjangkau, dan tepat waktu sesuai dengan kesepakatan. CV Riz Jaya Sejati perlu memperbaiki pelayanan karena tingkat kepuasan pelanggan masih rendah, yang ditunjukkan dengan 12 komplain dalam 1 bulan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pelayanan CV Riz Jaya Sejati berdasarkan tingkat sigma setiap dimensi servqual untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Metode yang digunakan dari penelitian ini adalah penentuan nilai DPMO dan tingkat sigma untuk setiap dimensi servqual. Hasil dari penelitian ini menunjukkan tingkat sigma tertinggi diperoleh dimensi tangibles yaitu sebesar 3,8 sigma dan tingkat sigma terendah diperoleh dimensi assurance yaitu sebesar 2,9 sigma. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat pelayanan yang diberikan oleh CV Riz Jaya Sejati terhadap pemberian produk sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan pelanggan sudah cukup baik {tangibles = 3,8 sigma}.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan pelanggan, Servqual, Six Sigma: Customer Satisfaction, Servqual, Six Sigma
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620-629 Ilmu Teknik dan yang Berkaitan > 620.006 Manajemen Teknik
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620-629 Ilmu Teknik dan yang Berkaitan > 620.8 Teknik yang Berhubungan dengan Faktor Manusia
Divisions: Fakultas Teknik dan Komputer > Teknik Industri
Depositing User: Lia Priscilla
Date Deposited: 09 Oct 2023 06:55
Last Modified: 09 Oct 2023 06:55
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/4177

Actions (login required)

View Item View Item