Pengaruh Ukuran Perusahaan, Struktur Aktiva, Pertumbuhan Penjualan dan Profitabilitas terhadap Struktur Modal pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2012-2016

Puspagalih, Indah Lookita (2018) Pengaruh Ukuran Perusahaan, Struktur Aktiva, Pertumbuhan Penjualan dan Profitabilitas terhadap Struktur Modal pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2012-2016. Skripsi thesis, Prodi Akuntansi.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (14MB)
[img] Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari ukuran perusahaan, struktur aktiva, pertumbuhan penjualan dan profitabilitas terhadap struktur modal perusahaan baik secara simultan maupun parsial. Objek penelitian yang digunakan adalah perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2012-2016. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dalam penentuan sampel penelitian. Jumlah perusahaan yang terpilih sebagai sampel penelitian adalah 11 perusahaan dari 18 perusahaan yang terdaftar pada sektor makanan dan minuman. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah ukuran perusahaan, struktur aktiva, pertumbuhan penjualan dan profitabilitas sebagai variabel bebas dan struktur modal sebagai variabel terikat. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari tahun 2012-2016. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan tidak signifikan terhadap struktur modal dikarenakan nilai signifikansi sebesar 0,286 > 0,05, struktur aktiva berpengaruh signifikan terhadap struktur modal dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05, pertumbuhan penjualan berpengaruh signifikan terhadap struktur modal karena nilai signifikansi sebesar 0,004 < 0,05, profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap struktur modal karena nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,05, sedangkan ukuran perusahaan, struktur aktiva, pertumbuhan penjualan dan profitabilitas secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap struktur modal dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Nilai R square menunjukkan bahwa variabel ukuran perusahaan, struktur aktiva, pertumbuhan penjualan dan profitabilitas mampu menjelaskan variansi struktur modal sebesar 31,2%, sedangkan sisanya sebanyak 68,8% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ukuran Perusahaan, Struktur Aktiva, Pertumbuhan Penjualan, Profitabilitas dan Struktur Modal: Ukuran Perusahaan, Struktur Aktiva, Pertumbuhan Penjualan, Profitabilitas dan Struktur Modal
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330-339 Ilmu Ekonomi > 330 Ilmu Ekonomi
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 657.42 Akuntansi Biaya
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Akuntansi
Depositing User: Lia Priscilla
Date Deposited: 04 Oct 2023 05:48
Last Modified: 04 Oct 2023 05:48
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/4012

Actions (login required)

View Item View Item