Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan di Matahari Departemen Store Batam

Hasibuan, Abdi Rahman (2018) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan di Matahari Departemen Store Batam. Skripsi thesis, Prodi Manajemen.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (17MB)
[img] Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Dalam dunia yang semakin modern menuntut para pengusaha yang bergerak di bidang ritel untuk berlomba-lomba dalam memberikan pelayanan yang prima demi meningkatkan kepuasan pelanggan, disamping itu promosi menjadi salah satu strategi bagi perusahaan untuk meningkatkan profit jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap kepuasan pelanggan pada Matahari Departemen Store Nagoya Hill Batam. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang telah melakukan pembelian di Matahari Departemen Store Nagoya Hill Batam. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel diambil dengan menggunakan metode sampling Insidental (aksidental sampling) dengan tingkat kesalahan 5% sehingga dapat ditarik jumlah sampel 100 responden. Data penelitian diperoleh dari dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan variabel kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, hal ini dapat dibuktikan oleh hasil uji t yang menunjukkan thitung> ttabel, sedangkan variabel promosi tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini dapat dibuktikan pada uji sebelumnya dimana thitung< ttabel dan nilainya signifikan. Hasil analisis uji F menunjukan bahwa kualitas pelayanan dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Matahari Department Store Batam. Ini dapat dibuktikan dari hasil uji F (simultan) dengan memperlihatkan nilai F ( Fhitung) > (Ftabel). Dan nilainya signifikan. Simpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan pada variabel X1 terhadap variabel Y, dan tidak terdapat pengaruh antara variabel X2 terhadap variabel Y serta terdapat pengaruh yang signifikan antara kedua variabel X secara simultan terhadap variabel Y

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Promosi dan Kepuasan Pelanggan: Service Quality, Promotion and Customer Satisfaction
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.3 Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.82 Promosi Pemasaran, Promosi Penjualan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Manajemen
Depositing User: Lia Priscilla
Date Deposited: 23 Sep 2023 09:09
Last Modified: 23 Sep 2023 09:09
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/3991

Actions (login required)

View Item View Item