Analisis Online Impulse Buying dengan menggunakan Framework SOR

Syastra, Muhammad Taufik and Wangdra, Yvonne (2018) Analisis Online Impulse Buying dengan menggunakan Framework SOR. JSINBIS Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 8 (2). pp. 133-140. ISSN 2088-3587 (Submitted)

[img] Text
Artikel Ilmiah.pdf

Download (469kB)
Official URL: https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jsinbis/art...

Abstract

Transaksi perdagangan elektronik (e-commerce) pada sebuah negara harus terus ditingkatkan untuk mendukung perkembangan perekonomian negara. Pelaku e-commerce mencari upaya/strategi untuk meningkatkan omset penjualan. Penelitian ini bertujuan melakukan kajian tentang pembelian impulsif secara online. Kerangka kerja (Framework) yang digunakan untuk melakukan kajian ini adalah SOR (Stimulus, Organism dan, Response). Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor penyebab terjadi pembelian impulsif secara online dan faktor yang memiliki kontribusi tertinggi. Penelitian ini berfokus pada website e-commerce mainstream seperti: tokopedia, lazada, bukalapak, shopee, dan elevenia. Jumlah responden sebanyak 105 orang. Teknik analisis data adalah Analisis Deskriptif. Untuk memperkuat data, maka peneliti melakukan wawancara kepada 10 orang responden. Temuan dari penelitian ini adalah faktor penyebab terjadinya pembelian impulsif: (1) Promo/diskon; (2) Flash sale; (3) Item popular this week; (4) Hot list product; (5) Fasilitas cicilanpembayaran.Faktor yang memiliki kontribusi tertinggi adalah Promo/diskon dengan nilai 64,8%. Promo/diskon menjadi primadona dalam menumbukan rasa keinginan membeli yang tidak terencana (impulsif) pada pasar konvensional dan ecommerce.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Diskon, Potongan Harga
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Tes Dosen
Date Deposited: 23 Nov 2020 03:19
Last Modified: 23 Nov 2020 03:19
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/39

Actions (login required)

View Item View Item