Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen PT Fesconsulindo Indonesia

Shelly, Shelly (2018) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen PT Fesconsulindo Indonesia. Skripsi thesis, Prodi Manajemen.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (840kB)
[img] Text
bab IV s.d V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy

Abstract

Pada dasarnya manusia sebagai konsumen membeli barang dan jasa adalah untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan hidup. Hal ini berarti konsumen tidak hanya membeli produk atau barangnya saja, akan tetapi yang dibeli adalah manfaat atau kegunaan dari produk tersebut. Sebuah perusahaan berpotensi meningkatkan pangsa pasar melalui pemenuhan tingkat kualitas pelayanan pelanggan.Kualitas pelayanan dimulai dari kebutuhan pelanggan dan berakhir dengan kepuasan.Untuk mencapai kepuasan konsumen, maka sangatlah dibutukan kualitas pelayanan yang baik dan harga yang sesuai.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen.Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh konsumen di PT Fesconsulindo Indonesia selama tahun 2016 yang berjumlah 1690 orang.Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Probability Sampling, dimana pengambilan sampel ini memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel, sampel dihitung dengan menggunakan rumus slovin dengan taraf kesalahan 10% dan mendapatkan hasil 100 responden dan 100 responden tersebut yang akan digunakan menjadi sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner.Data yang telah terkumpul dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan alat hitung SPSS (Statistic Product and Service Solution) versi 21.Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dari hasil uji t, diketahui bahwa untuk variabel bebas yaitu kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen, dan harga berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil uji F sebesar 20,772 lebih besar dariFtabel sebesar 3,09 dengan nilai signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari nilai α 0,05 menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan harga berpengaruh terhadap kepuasan konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Konsumen: quality of service, price, customer satisfaction
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620-629 Ilmu Teknik dan yang Berkaitan > 620.004 Teknik Desain, Pengujian, Pengukuran, Kualitas, Perawatan, Pemeliharaan, Perbaikan
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.02 Manajemen Perusahaan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Manajemen
Depositing User: Susila Novmbrita
Date Deposited: 21 Sep 2023 02:08
Last Modified: 21 Sep 2023 02:08
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/3896

Actions (login required)

View Item View Item