Penerapan Layanan Unggulan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) dalam Peningkatan Pelayanan Kepada Masyarakat (Studi Kasus di Kantor Bersama Samsat Provinsi Kepulauan Riau Wilayah Batam)

Supiah, Iis (2017) Penerapan Layanan Unggulan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) dalam Peningkatan Pelayanan Kepada Masyarakat (Studi Kasus di Kantor Bersama Samsat Provinsi Kepulauan Riau Wilayah Batam). Skripsi thesis, Prodi AdministrasI Negara.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (9MB)
[img] Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui jenis-jenis layanan unggulan SAMSAT, penerapan jenis layanan dan faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan layanan unggulan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling (petugas unit layanan SAMSAT) dan accidental sampling (pengguna layanan SAMSAT) selanjutnya dikembangkan dengan menggunakan teknik snowball. Data yang diperoleh melalui observasi, proses wawancara, dokumentasi serta pencarian melalui situs internet. Analisis data dilakukan secara interaktif dan berlangsung terus-menerus dengan mengkaji semua data yang tersedia diperoleh melalui wawancara dan dokumen sumber data kemudian dikombinasikan dan dikelompokan menjadi satu hubungan data hingga menghasilkan kesimpulan. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah berdasarkan rumusan masalah yang diajukan, 1) jenis layanan unggulan SAMSAT di Kantor Bersama SAMSAT Wilayah Batam termasuk dalam kategori inovasi terusan (sustaining innovation) yaitu pengembangan dari sistem SAMSAT yang telah ada ditujukan untuk perbaikan terus – menerus, meningkatan program-program layanan dan mendukung penerapan pelayanan yang responsif serta berkembang sesuai dengan kondisi masyarakatnya. 2) penerapan jenis layanan yaitu mengurus pengesahan SKPD serta STNK dan perpanjangannya telah memenuhi unsur kualitas pelayanan menurut KEPMENPAN No 63/KEP/M.PAN /7/2013. 3) struktur organisasi, kemampuan aparatur dan sistem pelayanan merupakan faktor pendukung dalam kualitas pelayanan di Kantor Bersama SAMSAT Wilayah Batam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Inovasi, Pelayanan Publik, SAMSAT: Innovation, Public Service, SAMSAT
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 360-369 Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial > 362 Kesejahteraan Sosial, Permasalahan dan Layanan Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Administrasi Negara
Depositing User: Lia Priscilla
Date Deposited: 19 Sep 2023 02:32
Last Modified: 19 Sep 2023 02:34
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/3769

Actions (login required)

View Item View Item