Pengaruh Customer Relationship Management dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT Remicon Widyaprima

Yolanda, Lisa (2017) Pengaruh Customer Relationship Management dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT Remicon Widyaprima. Skripsi thesis, Prodi Manajemen.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (13MB)
[img] Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Dalam beberapa tahun belakangan ini, industri beton jadi mulai berkembang sangat pesat di Indonesia khususnya di Kota Batam. PT Remicon Widyaprima merupakan salah satu perusahaan penyedia beton jadi di Kota Batam. Penyebab rendahnya loyalitas pelanggan pada PT Remicon Widyaprima dikarenakan kurangnya hubungan baik dan komunikasi antara pihak perusahaan dengan pelanggan dan juga kurangnya kepuasan yang diterima oleh pelanggan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh customer relationship management dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada PT Remicon Widyaprima. Jenis penelitian ini adalah penelitian kausalitas kuantitatif. Metode penentuan sampel dalam penelitian ini adalah sampling purposive. Teknik pengumpulan data dengan data primer yaitu membagikan kuesioner kepada 112 responden yang dijadikan sampel dalam penelitian ini. Responden adalah pelanggan PT Remicon Widyaprima yang melakukan pembelian dari bulan April sampai bulan Agustus 2016. Analisis teknis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS versi 21. Berdasarkan hasil pengujian, diperoleh hasil koefisien determinasi (R2 ) sebesar 51.11%. Hasil uji T menunjukkan nilai t hitung variabel customer relationship management sebesar 4,592 dan variabel kepuasan pelanggan sebesar 3,148. Kedua variabel nilainya lebih besar dari t tabel sehingga dinyatakan bahwa masing-masing variabel memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Jadi dapat disimpulkan dari hasil analisis, variabel customer relationship management dan kepuasan pelanggan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada PT Remicon Widyaprima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Customer Relationship Management, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan: Customer Relationship Management, Customer Satisfaction, Customer Loyalty.
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.81 Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Manajemen
Depositing User: Susila Novmbrita
Date Deposited: 14 Sep 2023 08:44
Last Modified: 14 Sep 2023 08:44
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/3708

Actions (login required)

View Item View Item