Implementasi Peraturan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Penyelenggara Jaminan Kesehatan (Studi Kasus pada Kantor Cabang Batam)

Pratiwi, Ratna (2018) Implementasi Peraturan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Penyelenggara Jaminan Kesehatan (Studi Kasus pada Kantor Cabang Batam). Skripsi thesis, Prodi Administrasi Negara.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (374kB)
[img] Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (522kB) | Request a copy

Abstract

Badan penyelenggara jaminan sosial (BPJS) adalah badan hukum publik yang bertanggungjawab kepada presiden dan berfungsi menyelenggarakan program jaminan kesehatan bagi seluruh penduduk Indonesia, yang telah membayar iuran meliputi penerima bantuan iuran jaminan kesehatan yang terdiri dari fakir miskin dan orang yang tidak mampu yang tidak memiliki membayar iuran bagi anggota keluarganya dan penetapan peserta bantuan iuran ditentukan oleh pemerintah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetaui apakah implementasi peraturan badan penyelenggara jaminan sosial kesehatan Nomor 1 tahun 2014 tentang penyelenggara jaminan kesehatan di kota Batam telah berjalan dengan baik. Metode penelitian mengunakan metode deskritif kualitatif, pengambilan sampel data dengan pertimbangan tertentu yang bersumber dari primer dan data skunder guna memperoleh data mengenai Implementasi Peraturan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Penyelenggara Jaminan Kesehatan Di Kota Batam. Dari hasil penelitian menujukan bahwa kebijakan peraturan badan penyelenggara jaminan sosial kesehatan Nomor 1 tahun 2014 di Kota Batam sudah dijalankan sesuai dengan peraturan untuk memenuhi penyelenggara pelayanan kesehatan akan tetapi ada hal-hal yang belum terpenuhi meskipun peserta BPJS Kesehatan telah mengikuti prosedur yang sudah ada sesuai dengan peraturan BPJS Kesehatan, hal ini disebabkan karena ada peserta BPJS yang ditolak dirumah sakit dengan alasan kamar penuh, perlakuan nyaman lainnya sering terjadi saat menunggu dokter biasanya pasien kesehatan harus rela menunggu lama karena dokter terlebih dahulu melayani pasien umum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan, Peraturan , Peserta BPJS Kesehatan: Policy, Regulation, Participant BPJS Health
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350-359 Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Administrasi Negara
Depositing User: Susila Novmbrita
Date Deposited: 14 Sep 2023 05:22
Last Modified: 14 Sep 2023 05:22
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/3688

Actions (login required)

View Item View Item