Pengaruh Pemahaman Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi yang Melakukan Kegiatan Usaha di Kota Batam

Inata, Jiko (2018) Pengaruh Pemahaman Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi yang Melakukan Kegiatan Usaha di Kota Batam. Skripsi thesis, Prodi Akuntansi.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (643kB)
[img] Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman wajib pajak, kualitas pelayanan, dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi yang melakukan kegiatan usaha pada KPP Pratama Batam Utara baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang membayar pajak penghasilan pada KPP Pratama Batam Utara. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 wajib pajak, pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Random sampling atau acak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah data primer. Pengolahan data menggunakan program SPSS Versi 24.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman wajib pajak secara parsial berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi yang melakukan kegiatan usaha yang ditunjukkan oleh nilai t hitung sebesar 3,959 > nilai t tabel 1,984 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Kualitas Pelayanan secara parsial tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi yang melakukan kegiatan usaha yang ditunjukkan oleh nilai t hitung sebesar -203 < t tabel 1,984 dan nilai signifikan 0,840 > 0,05. Sanksi pajak secara parsial berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi yang melakukan kegiatan usaha yang ditunjukkan oleh nilai t hitung sebesar 4,579 > t tabel 1,984 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Pemahaman wajib pajak, kualitas pelayanan dan sanksi pajak secara simultan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak membayar pajak penghasilan yang ditunjukkan oleh nilai F hitung sebesar 13,921 > nilai F tabel 3,087 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05, nilai R square sebesar 0,303 atau 30,3% yang artinya variabel Pemahaman wajib pajak, kualitas pelayanan dan sanksi pajak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi yang melakukan kegiatan usaha sebesar 0,303 atau 30,3% sedangkan 0,697 atau 69.7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di bahas dalam penelitian ini. Dengan hasil penelitian yang diolah, maka peneliti menyarankan supaya pemerintah membuat atau mengadakan penyuluhan kepada wajib pajak agar wajib pajak patuh dan tidak terkena sanksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pemahaman Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Sanksi Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Kegiatan Usaha: Understanding The Taxpayer, Service Quality, Tax penalties, Personal Taxpayer Compliance Conducting Business Activities
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 657.46 Akuntansi Perpajakan, Akuntansi Pajak
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Akuntansi
Depositing User: Susila Novmbrita
Date Deposited: 14 Sep 2023 04:11
Last Modified: 14 Sep 2023 04:11
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/3674

Actions (login required)

View Item View Item