Efektivitas Pengawasan Ombudsman dalam Penanganan Laporan Pengaduan Pelayanan Publik pada Kota Batam

Angelica, Yeyen (2018) Efektivitas Pengawasan Ombudsman dalam Penanganan Laporan Pengaduan Pelayanan Publik pada Kota Batam. Skripsi thesis, Prodi Administrasi Negara.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (347kB)
[img] Text
bab IV s. d V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy

Abstract

Ombudsman Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau merupakan salah satu lembaga pengawas eksternal yang tugasnya mengawasi pelayanan publik.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi pengawasan ombudsman dalam menangani dugaan maladministrasi penyelenggara pelayanan publik serta efektivitas Ombudsman dalam menangani laporan pengaduan pelayanan publik.Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh peneliti dilapangan bahwa Ombudsman Perwakilan Provinsi Kepri telah berhasil memenuhi indikatorimplementasi pengawasan (1) melakukan koordinasi dan kerjasama dengan penegak hukum dalam menyelesaikan pengaduan masyarakat, (2) Membangun jaringan kerja dengan pihak wartawan dan masyarakat melalui media sosial maupun media massa, (3) Melakukan upaya pencegahan dugaan maladministrasi dengan melakukan sosialisasi dengan masyarakat serta evaluasi kepatuhan standar pelayanan publik. Efektivitas Ombudsman dan penanganan pengaduan pelayanan publik telah berjalan sesuai dengan indikator (1) Input dalam menerima laporan pengaduan, (2) Proses dalam menindaklanjuti laporan yang diterima oleh pihak Ombudsman Kepri dan (3) Output untuk menemukan pemecahan masalah dari laporan yang diadukan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan peneliti, hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pengawasan Ombudsman dalam penanganan laporan pengaduan pelayanan publik sudah efektif sesuai dengan fungsi dan tugas Ombudsman pasal 7 UU No 37 tahun 2008.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pengawasan, Penanganan Laporan Pengaduan Pelayanan Publik, Ombudsman: Effectiveness, Supervision, Handling of Public Service Complaint Report, Ombudsman
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350-359 Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Administrasi Negara
Depositing User: Susila Novmbrita
Date Deposited: 14 Sep 2023 02:42
Last Modified: 14 Sep 2023 02:42
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/3651

Actions (login required)

View Item View Item