Pengaruh Lokasi, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Hotel Planet Holiday

Maria, Maria (2017) Pengaruh Lokasi, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Hotel Planet Holiday. Skripsi thesis, Prodi Manajemen.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (16MB)
[img] Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Kepuasan pelanggan merupakan salah satu tujuan pokok untuk memenangkan persaingan dan menciptakan pendapatan di sebuah bisnis. Penelitian ini menganalisis kepuasan pelanggan di Hotel Planet Holiday ditinjau melalui variabel lokasi, harga dan kualitas pelayanan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesionar. Kuesionar yang disebarkan berjumlah 155 orang. Dalam tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh lokasi, harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Hotel Planet Holiday. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Lokasi berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan pada Hotel Planet Holiday, Harga berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan pada Hotel Planet Holiday, Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan pada Hotel Planet Holiday, Lokasi, Harga dan Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan pada Hotel Planet Holiday. Uji kualitas data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas, uji pengaruh dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dan analisis determinasi, dan untuk uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan uji F dengan menggunakan software program SPSS versi 21. Hasil persamaan regresi Y = 1,731 + 0,366X1 + 0,235X2 + 0,403X3. Hasil uji F hitung diketahui besarnya 37,065 > F tabel 2,66 dengan signifikan 0,000 < 0,05, dapat disimpulkan lokasi, harga dan kualitas pelayanan secara bersama-sama mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y). Hasil uji t hitung lokasi (X1) 5,166 > t tabel 1,97580 dengan signifikan 0,000 < 0,05 sehingga lokasi (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y), hasil uji t hitung harga (X2) 2,939 > 1,97580 dengan signifikan 0,004 < 0,05 sehingga harga (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y), hasil uji t hitung kualitas pelayanan (X3) 5,625 > 1,97580 dengan signifikan 0,000 < 0,05 sehingga kualitas pelayanan (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y). Hasil perhitungan koefisien determinasi (R2) yang diperoleh sebesar 0,424 atau 42,4% variabel kepuasan pelanggan (Y) dapat dijelaskan oleh variabel lokasi, harga dan kualitas pelayanan dan sisanya 57,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lokasi, Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan: : Location, Price, Service Quality, Customer Satisfaction
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.8342 Perilaku Konsumen
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Manajemen
Depositing User: Lia Priscilla
Date Deposited: 13 Sep 2023 10:08
Last Modified: 13 Sep 2023 10:08
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/3640

Actions (login required)

View Item View Item