Pengaruh Pengendalian Diri Dan Perilaku Belajar Terhadap Pemahaman Pengantar Akuntansi (Studi Empiris Pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Internasional Batam)

Yanny, Yanny (2018) Pengaruh Pengendalian Diri Dan Perilaku Belajar Terhadap Pemahaman Pengantar Akuntansi (Studi Empiris Pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Internasional Batam). Skripsi thesis, Prodi Akuntansi.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (358kB)
[img] Text
bab IV s.d V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy

Abstract

Pemahaman pengantar akuntansi merupakan tolok ukur yang utama untuk mengetahui keberhasilan belajar dalam bidang akuntansi seseorang. Seorang yang pemahaman pengantar akuntansi yang baik dapat dikatakan bahwa ia telah berhasil dalam belajar. dasar utama dalam ilmu akuntansi sehingga semua mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) pada tahun pertama diwajibkan untuk mengambil mata kuliah pengantar akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengendalian diri dan perilaku belajar terhadap pemahaman pengantar akuntansi (studi empiris pada mahasiswa program studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Internasional Batam). Selain ini penelitian ini juga bertujuan untuk melihat pengaruh masing-masing variabel (pengendalian diri dan perilaku belajar) terhadap pemahaman pengantar akuntansi. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian deskriptif. Jenis data penelitian ini adalah data primer dengan menggunakan kuesioner. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Internasional Batam program studi Akuntansi Fakultas Ekonomi. Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 135 responden dengan rumus Slovin. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian mengemukakan bahwa pengendalian tidak berpengaruh signifikan terhadap pemahaman pengantar akuntansi, sedangkan perilaku belajar berpengaruh signifikan terhadap pemahaman pengantar akuntansi dan pengendalian diri dan perilaku belajar secara bersama- sama berpengaruh signifikan terhadap pemahaman pengantar akuntansi mahasiswa program studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Internasional Batam baik secara parsial maupun simultan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengendalian diri, perilaku belajar, pemahaman pengantar akuntansi: self-control, learning behavior, understanding of accounting introduction
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Akuntansi
Depositing User: Susila Novmbrita
Date Deposited: 01 Sep 2023 02:43
Last Modified: 01 Sep 2023 02:43
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/3563

Actions (login required)

View Item View Item